LKM BERBASIS KREATIVITAS PADA MATKUL MEDIA DAN SUMBER BELAJAR DI MIS/SD PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH UINSU MEDAN
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penyusunan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis kreativitas mendukung dalam mencapai tujuan pendidikan nasional yang menekankan pada pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan demikian, LKM ini dapat menjadi alat yang sangat berharga dalam proses pembelajaran di MI/SD. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat lebih memahami dan mengukur kevalidan serta kepraktisan dari LKM berbasis kreativitas ini. Dengan menggunakan model Research and Development (R & D) yaitu model ADDIE, penelitian ini merinci tahapan-tahapan yang diperlukan untuk menghasilkan LKM yang bermutu. Data yang diperoleh dari lembar validasi LKM, angket respon, dan lembar observasi penilaian produk LKM berbasis kreativitas menjadi landasan untuk memastikan kualitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKM berbasis kreativitas ini telah memenuhi kriteria evaluasi yang mencakup tampilan, penyajian, bahasa, manfaat, dan pembelajaran. Dengan demikian, LKM berbasis kreativitas yang telah disusun ini dapat dianggap sangat praktis dan bermanfaat dalam konteks perkuliahan mata kuliah media dan sumber belajar di MI/SD.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anjarwati, P. G. P., Sajidan, S., & Prayitno, B. A. (2018). Problem-Based Learning Module of Environmental Changes to Enhance Students’ Creative Thinking Skill. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 10(2), 313–319. https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v10i2.12598
Fajri, I., Ar, K., Prajana, A., Yusran, & Sanusi. (2020). Peningkatan Keterampilan 4C melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 371–380. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi
Haidar, S. dan. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, dan Jenis Pendekatan. Kencana.
Neolaka. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. PT Remaja Rosdakarya.
Prassida, G. F., & Muklason, A. (2012). VIRTUAL CLASS SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS STUDENT-CENTERED LEARNING DI PERGURUAN TINGGI. Teknologi, 1(2). https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i2.55
Prastiti, T. D., Mairing, J. P., Handayani, E. P., & Pendidikan, S. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) PADA TUTORIAL STATISTIKA PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS TERBUKA. AdMathEdu, 7(1).
Rambe, A. (2021). Implementasi Model Students Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(1), 51–62. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.47
Richard. (2015). Global Creativity Indeks. In Toronto: Martin Prosperity Institute.
Riyadi, A. S., Dharmono, Naparin, A., & Zaini, M. (2018). Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pendidikan biologi dalam penyelesaian masalah ekologi hewan. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 29–34.
Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20. https://doi.org/10.30738/natural.v6i1.4073
Sudarma. (2018). Profesi Guru: Dipuji, Dikritis, dan Dicaci. Raja Grafindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Afabeta.
Sunarto, S. (2018). Pengembangan Kreativitas-Inovatif Dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2348.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.20430
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).