IMPLEMENTASI PRAKTEK DZIKIR: PERSEPSI ANAK TERHADAP DAMPAKNYA PADA KETENANGAN JIWA DAN KONSENTRASI BELAJAR

M. Anwar Sadat(1*), Sapri Sapri(2), Rahmah Fithriani(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: Penerapan dzikir khofi pada pembelajaran anak, Persepsi anak terhadap implementasi Praktek Zikir Khofi dalam Pembelajaran PAI dengan kaitannya pada Ketenangan Jiwa, persepsi anak terhadap Implementasi Praktek Zikir Khofi dalam Pembelajaran PAI dengan kaitannya pada Konsentrasi Belajar Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa; 1) Penerapan Dzikir Khofi pada pembelajaran anak memiliki beberapa tahapan dengan catatan semua tahapan dilakukan didalam hati pertama membaca basmalah, kedua, Membaca Al-Fatiha 1x ketiga, membaca Al-Ikhlas 3x, dan menyebut Allah-Allah Sebanyak banyaknya selama 15 menit, dan terakhir mengucapkan Alhamdulillah sebagai tanda selesailah Dzikir Khofi; 2) Persepsi anak terhadap implementasi zikir khofi dalam pembelajaran kaitannya dengan ketenangan jiwa adalah Dzikir khofi dan ketenangan jiwa mempunyai kaitan yang cukup baik karena dengan implementasi Dzikir khofi, hati dan jiwa anak lebih merasakan ketenangan dalam kegiatan pembelajaran; 3) Persepsi anak terhadap pelaksanaan dzikir khofi dalam pembelajaran mempunyai kaitan yang cukup baik dengan konsentrasi belajar anak dikarenakan dengan mengikuti implementasi dzikir khofi ini anak merasakan konsentrasinya menjadi lebih baik dan lebih fokus serta mudah menghafal pelajaran.


Keywords


Ketenangan Jiwa; Konsentrasi Belajar; Praktek Dzikir

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, F. (2019). Implementasi kegiatan dzikir al-Ma’tsurat dalam membentuk spiritual siswa di SDIT Ulul Albab Kertosono Kabupaten Nganjuk. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Al-Ghazali. (2014). Ringkasan Ihya Ulumuddin. Terjemahan Oleh Bahrun Abu Bakar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ashari, H. (2020). Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Al-Ghazali. IAIN Ponorogo.

Aziz, A. R. A., Shafie, A. A. H., Ali, Z., & Dzaina, N. D. S. (2020). Pengamalan nilai agama dalam mengatasi kemurungan semasa pandemik COVID-19. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH).

Ibrahim, A. (2017). Eksistensi Majelis Zikir Dan Pembentukan Akhlak Generasi Muda Kota Banda Aceh. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 19(2), 119–132.

Kumala, O. D., Kusprayogi, Y., & Nashori, F. (2017). Efektivitas pelatihan dzikir dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada lansia penderita hipertensi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 55–66. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1260

Latif, U. (2022). Dzikir dan Upaya Pemenuhan Mental-Spiritual dalam Perspektif Al-Qur’an. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 28–46.

Maimuna, W. (2020). Pengaruh Dzikir Lisan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Di MTs Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo.

Matun, A., Nadhiroh, S. S., Fulatul Anifah, S., & Siti, H. (2020). Pendampingan Meditasi, Dzikir Dan Doa Pada Remaja Untuk Menjaga Kesehatan Mental Di Poskeskel Jagir Surabaya.

Safitri. (2022). Aktivitas Dzikir Sebagai Salah Satu Starategi Terapi Kecemasan Dalam Menghadapi Covid-19 Di Yayasan Dayah Raudhatul Jannah Desa Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Sari, A. E. (2015). Pengaruh Pengalaman Dzikir Terhadap Ketenangan Jiwa di Majlisul Dzakirin Kamulan Durenan Trenggalek. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriyanti, G. (2020). Revitalisasi Tradisi Zikir Dalam Meningkatkan Spiritual (Studi Kasus di Desa Serbaguna, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya). UIN Ar-Raniry.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).