IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DAN PENANAMAN KARAKTER PASCA PANDEMI COVID–19 DI MTS.S AL–JIHAD MEDAN

Muhammad Tohir Nasution(1*), Ali Imran Sinaga(2), Salamuddin Salamuddin(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persiapan guru PAI dalam penyelenggaraan penanaman nilai karakter siswa, kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI melalui video pembelajaran, cara guru menanamkan nilai-nilai karakter islami yang terintegrasi dalam diri siswa serta cara guru menilai keberhasilan penanaman karakter islami dalam diri siswa pasca pandemi covid-19 di MTs.S Al-Jihad Medan. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, khususnya menggunakan desain penelitian studi kasus. Proses pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kajian tersebut menghasilkan temuan yaitu guru menyusun RPP sesuai anjuran pemerintah, yang mirip dengan RPP sebelumnya tetapi diringkas menjadi satu halaman dan memberikan metode pembelajaran yang terintegrasi terhadap nilai-nilai karakter islami siswa. Kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI dikategorikan “Baik”, serta peran guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter islami yang terintegrasi dalam diri siswa adalah dengan menerapkan kedisiplinan yang kuat, pembiasaan yang baik, dan memberikan metode pembelajaran diskusi terhadap siswa. Selain itu, rencana ini termasuk indikator keberhasilan pendidikan karakter.


Keywords


Implementasi; Penanaman Karakter; Pasca Pandemi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akmalia, R., Siahaan, A., & Mesiono, M. (2020). the Effect of Individual, Group and Team Work Behavior Toward Teacher Performance in Sman 3 Medan. Jurnal Tarbiyah, 27(1), 50–71. https://doi.org/10.30829/tar.v27i1.681

Arafah, A., & Pasaribu, M. (2021). The Role Of SD Negeri 102052 Bagan Kuala Teachers In Shaping Student Character During The Covid-19 Pandemic. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies, 2(1), 249–256.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Faruki, M. (2016). Implementasi PAI Dalam Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MA Al-Hikmah Kangkapan Srengat Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. Tulungagung : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIAN Tulungagung.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183.

Ismatullah, N. H. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Membangun Karakter Akhlakul Karimah Peserta Didik. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 1(1), 2019.

Koesmawardhani, N. W. (2020). Pemerintah Tetapkan Masa Darurat Bencana Corona hingga 29 Mei 2020. Detiknews. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4942327/pemerintahtetapkan-masa-darurat-bencana-corona-hingga-29-mei-2020

Lafendry, F. (2020). Kualifikasi dan kompetensi guru dalam dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam (2020), 3.

Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.1

Muntatsiroh, A., & Jamilus. (2023). Pentingnya Evaluasi Pendidikan Islam dalam Sebuah Lembaga Pendidikan. Urnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3070–3082.

Novita, M. (2017). Sarana Dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(2), 127. Retrieved from http://ejournal.staiyasnibungo.ac.id/index.php%0A/nurelislam%0Ahttp://moraref.or.id/record/vi%0Aew/64714

Nurrahmidah. (2019). Implementasi Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 16 Medan. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v3i1.5477

Nuryadin, R., Siregar, M., & Hasyim, A. D. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Ibnu Athaillah (Perspektif Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 313–326. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v11i4.3411

Pasaribu, M. et. al. (2019). Model Integratif Pendidikan Seks, cet I. Yogyakarta: Bildung.

Rachmawati, T. (2022). Faktor-Faktor Penentu Efektivitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Magelang. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Rafiq, M. N. (2017). Integrasi ilmu agama dan sain dalam praksis pendidikan. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 127–148. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/falasifa.v8i1.43

Rasimin. (2018). Metodologi Penelitian; Pendekatan Praktis Kualitatif. Yogyakarta: Cendika.

Siahaan, A., Syukri, M., & Akmalia, R. (2022). Educational Supervision In The Implementation Of Graduate Quality-Based Management In The Era Of The Covid-19 Pandemic. Journal of Positive School Psychology, 6(6), 1204–1212. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/14248/

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Tiara, C. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020. Salatiga : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN.

Zaki, A., Al-Qadri, M., & Akmalia, R. (2022). Pengelolaan Kelas yang Aktif dan Menyenangkan Berbasis Karakter di Ponpes Darussaadah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(2), 141–148. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/56.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).