ANALISIS PELAKSANAAN PERAN GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MAN DAIRI

Suryadi Matanari(1*), Afrahul Fadhila Daulay(2), Usiono Usiono(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan peran guru serumpun mata pelajaran PAl, faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter anak didik di MAN Dairi. Penelitian ini menggunakan pendekatan case studies, yang mengkaji secara mendalam terkait gambaran kejadian, program, proses dan aktivitas pembinaan karakter di MAN Dairi dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data serta verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan dilakukan dengan menyusun silabus dan RPP pada awal semester serta mengintegrasikan nilai-nilai karakter di dalam RPP. 2) Dalam pelaksanaannya guru Rumpun PAI melakukan strategi pembinaan karakter kepada peserta didik di MAN Dairi dengan cara memberikan pemahaman (Ilmu), malkukan pembiasaan (Ta'wîdiyyah), melalui Mau'izhah dan Nasehat dan menjadi teladan yang baik (uswah hasanah). 3) Faktor pendukung pembinaan karakter anak didik: adanya program pembiasaan dan pembudayaan, sarana dan prasarana yang mendukung, kegiatan ekstrakurikuler, keteladanan guru di MAN Dairi, sedangkan faktor penghambat: Kurangnya kesadaran peserta didik dalam memahami ilmu pengetahuan serta kurangnya kesadaran untuk mengamalkan kegiatan-kegiatan yang ada di MAN Dairi, kurangnya kebersamaan dari masing-masing guru dalam membina karakter peserta didik, kurangnya kesadaran dan kemampuan keluarga dalam membina karakter anak dan lingkungan masyarakat (pergaulan) yang berpengaruh negatif.


Keywords


Analisis Peran Guru; Rumpun; PAI; Karakter; Peserta Didik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Aziz, J. A. (2017). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Raudatul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi. Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1).

Daulay, H., & Pasha, N. (2016). Pendidikan Karakter. Medan: CV Manhaji Medan.

Humas. (2022). MAN Dairi Doa Bersama dan Sholat Duha Bersama Demi Kelancaran dan Kesuksesan KSM Tingkat Nasional. Retrieved from suut.kemenag.go.id website: https://sumut.kemenag.go.id/berita-42230-man-dairi-doa-bersama-dan-sholat-duha--bersama-demi-kelancaran-dan-kesuksesan-ksm-tingkat-nasional.html

Lubis, Z., Ariani, E., Segala, S. M., & Wulan. (2021). Pendidikan keluarga sebagai basis pendidikan anak. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2).

Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya Dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa Pada Bulan Suci Ramadhan Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 206–222.

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 2 depok sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). Penguatan pendidikan karakter berbasis religius. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 1(1), 254–262.

UU No. 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zaki, A., Al-Qadri, M., & Akmalia, R. (2022). Pengelolaan Kelas yang Aktif dan Menyenangkan Berbasis Karakter di Ponpes Darussaadah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(2), 141–148. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/56.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).