ANALISIS PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN DI MIS NURUL FADHILAH

Wahyu Rinjani(1*), Salminawati Salminawati(2), Mara Samin Lubis(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta faktor pendukung dan penghambat program tahfizh al-qur’an di MIS Nurul Fadhilah. Observasi, wawancara, dan dokumentasi di anggap sebagai metode dalam mengumpulkan data. Sedangkan metode analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Penelitian ini memberi kesimpulan bahwa untuk mencapai sebuah program ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan yaitu: Pertama, Perencanaan sebuah program tahfizh al-qur’an: menetapkan program tahfizh al-qur’an, menentukan indicator keberhasilan tahfizh al-qur’an, menetapkan penanggung jawab program tahfizh al-qur’an, dan menyusun kegiatan dan jadwal kegiatan program tahfizh al-qur’an. Kedua, Pelaksanaan program tahfiz al-Qur’an: kegiatan menghafal al-qur’an, kegiatan menyetor hafalan al-Qur’an dan kegiatan muraja’ah hafalan al-qur’an. Ketiga, factor pendukung dan penghambat program tahfizh al-qur’an. Faktor pendukung meliputi: fisik dan psikis yang baik, dukungan penuh dari yayasan, perhatian guru, piagam atau reward, motivasi, dan usia. Faktor penghambat meliputi: tidak menguasai makharijul huruf dan ilmu tajwid, tidak mengulang hafalan, terbatasnya alokasi waktu kegiatan belajar mengajar tahfizh al-qur’an, tingkat kecerdasan, lingkungan pergaulan, dan kurang dapat mengatur waktu.


Keywords


Program; Tahfizh Al-quran; Analisis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akmalia, R. (2021). Intensitas Motivasi Berprestasi Melalui Pembelajaran Daring. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 1–11. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12174

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Azizah, Y., & Lisnawati, S. (2022). Evaluasi Program Tahfidz Al-Qur’an dengan Menggunakan Model Countenance Stake di SMPIT Darul Barokah Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4210–4215. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8921

Bhari, S. (2014). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dhuka, M. N. (2022). Perencanaan Strategis Mutu Pendidikan Agama Islam. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(4), 287–298. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v3i4.420

Keswara, I. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an ( Menghafal Al-Quran) di Pondok Pesantren AL Husain Magelang. Jurnal Hanata Widya, 6(2), 62–73.

Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya Dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa Pada Bulan Suci Ramadhan Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 206–222.

Siregar, S., & Yulianti, L. (2017). Pendidikan Anak Dalam Islam. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2). https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2033

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syamsi, M. (2018). Konsep Pendidikan Agama Islam; Studi atas Pemikiran Ibnu Qayyim Al-Jawziyyah. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(2 SE-Articles). https://doi.org/10.5281/zenodo.3366713

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zulfitria. (2018). Peran Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Dalam Pendidikan Karakter Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).