PENTINGNYA SELF REGULATED LEARNING BAGI PESERTA DIDIK DALAM PENGGUNAAN GADGET

Novidya Yulanda(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Self Regulated Learning (SRL), merupakan sebuah konsep tentang pengelolaan diri dalam belajar. Teori kognisi social dari Bandura (1997) menjelaskan bahwa pribadi (person),perilaku(behavior),danlingkungan (environment) merupakan sebuah komponen yang tak terpisahkan. Ketigaaspek determinaninisalingberhubungan sebab? akibat,dimanapersonberusaha untuk meregulasi dirisendiri(selfregulated), hasilnyaberupakinerjaatauperilaku, dan perilakuiniberdampak padaperubahan lingkungan, dandemikianseterusnya.Artikel ini membahas tentang pentingnya selfregulated learning bagi peserta didik dalam penggunaan gadgetsebagai media yang sering digunakan anak dalam kegiatan mencari informasi di dalam proses pembelajaran. Gadget sebagai alat yang canggih mestinya dapat memberikan banyak manfaat ketimbang akibat buruk yang muncul karena kesalahan pemakaiannya.Oleh karena itu, diperlukan kreativitas bagi pemilik gadget sehingga dampak buruk dapat dihindari dan hasil positif dapat diraih.Penelitian mengatakan bahwa yang mempengaruhi tumbuhnya Self Regulated Learning adalah self efficacy dan dukungan sosial, kedua hal ini berdampak pada positif terhadap individu karena apabila individu tersebut mampu mengelola secara efektif pengalaman belajarnya sendiri sehingga mencapai hasil belajar yang optimal. Disisi lain self regulated learningdapat juga digunakan oleh sebagian guru/dosen sebagai model/strategi pembelajaran untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas.
Kata kunci : Self Regulated Learning, Informasi, Dampak Gadget


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v3i2.2013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).