KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMBUDAYAKAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MTs HIDAYATUSSALAMBANDAR KHALIPAH

Rizqan Ma'ruf(1*), Mesiono Mesiono(2), Khairuddin Khairuddin(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman terkait kebijakan kepala madrasah dalam membudayakan peserta didik membaca dan menghafal Al-Qur’an di MTs Hidayatussalam bandar khalipah, sebagai bentuk tanggung jawab kepala madrasah dalam mengemban Amanah orang tua sebagai pemimpin di sekolah madrasah yang tujuannya membantu membudyakan karakter Islami pada peserta didik selaku siswa/I Madrasah (terbiasa membaca dan menghafal Al-Qur’an). Adapun tujuan penelitiannya sebagai berikut; 1) Proses Perumusan kebijakan kepala madrasah; 2) Implementasi kebijakan kepala madrasah; 3) faktor penghambat dan pendukung kebijakan kepala madarasah dalam membudayakan peserta didik membaca dan menghafal Al-Qur’an di MTs Hidayatussalam Bandar Khalipah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif. Dengan Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pemeriksaan keabsahan data yang menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Proses penerapan kebijakan kepala Madarasah yang dilakukan melalui pengidentifikasian masalah, Mempertegas tujuan yang diinginkan, Merancang struktur prosesnya, serta mendapatkan dukungan dan persetujuan dari seluruh sistem/pihak yang terkait; 2) Dalam implementasinya sudah cukup baik yaitu dengan penetapan peraturan yang dirumuskan sebelumnya, adanya kesediaan dan pelaksaan dari peserta didik dan adanya perubahan kebiasaan yang sesuai dengan program kebijakan yang dirumuskan. (bentuk dampak nyata keputusan), serta adanya aturan bagi peserta didik yang mengabaikan aturan tersebut sebagai upaya dalam perbaikan atas kebijakan; 3) sementara itu faktor penghambat dan pendukung kebijakan ini ialah: kemauan/keinginan, metode hukuman dan hadiah, dukungan keluarga, dan Lembaga pendidikan, kedaan lingkungan keluarga.


Keywords


Membudayakan; Membaca; Menghafal Al-Qur’an

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Albar, Mawi Khusni. (2017). Pendidikan Ekologi-Sosial Dalam Prespektif Islam: Jawaban Atas Krisis Kesadaran Ekologis. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(2),. https://doi.org/10.21154/altahrir.v17i2.1011

Alifah, Siti. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: 5(1),.

Aziz, Jamil Abdul. (2017). Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Roudhotul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1),https://doi.org/10.14421/jga.2017.21-01

Aldiani, Irma & Nelisma, Yualiana. (2022). Penguatan Sumber Daya Manusia Melalui Reformasi Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di Sumatera Barat. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i2.305

Gazali, Marlina (2013). Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk Mencerdaskan Bangsa, Al-Ta’dib, 6(1).

Ginting, Egi Verbina. dkk (2022). Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di Sdn 0704 Sungai Korang, Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4),

Hidayat, Rahmat & Abdillah (2019). Ilmu Pendidikan konsep, teori dan aplikasinya, Medan: LPPI.

Huda, M. Nurul. (2018). Budaya Menghafal Al-Quran: Motivasi dan Pengaruhnya Terhadap Religiusitas. Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(2), https://doi.org/10.32533/02205.2018.

Idris, M. Isa. (2018). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 3 Waykanan. (Tesis Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Julaiha, Siti. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3).

Khamdani, Puji. (2015). Madrasah Sebagai Pilihan Pendidikan, Jurnal Madaniyah, 2(IX).

Mesiono, (2020). Urgensi Pendidikan Agama Di Madrasah Dalam Membangun Kesolihan Sosial. EduTech: 6(1),

Muttaqiin, Muhammad ‘Abduh. (2015). Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kultur Religius Dan Kultur Akademik Di Smp Ma’arif Gamping. (Tesis UIN Sunan Kalijaga).

Na’im, Zaedun, dkk (2021). Manajemen Pendidikan Islam Tim. In Widina Bhakti Persada Bandung, bandung : Widina Bhakti Persada Bandung.

Nur, Andi Cundai & Guntur, Muhammad. (2019). Analisis Kebijakan Publik. Makassar: Pt. Badan Penerbit UNM

Nugroho, Riant. (2021), kebijakan publik praktik implementasi dan pengendalian kebijakan, Ebook; Elex Media Komputindo:

Oktafiana, Riska; Fathiyani, & Musdalifah (2020). Analisis Kebijakan Kesejahteraan Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan. Institut Agama Negeri Bone, 3(3),

Ridho, Mohammad Ali. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Efektif di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan.

Rohmah, Sitti. (2021). Manajemen Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Sampang Di Era Mileneal (Tesis Universitas Islam Negeri (Uin) Maulana Malik Ibrahim Malang).

Rozak, Abdul. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. Alim Journal of Islamic Educatioan, 14(2).

Safliana, Eka. (2020). Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia. Jihafas, 3(2),

Solahudin (2018). Peran Strategis Madrasah Swasta Di Indonesia. Jurnal Kependidikan.

Yusnidar. (2014). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Eningkatkan Kinerja Guru Pada Man Model Banda Aceh. Ilmiah Didaktika, 14(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.19736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).