UPAYA MENINGKATKAN EMPATI ANAK DENGAN MENGGUNAKAN FILM ANIMASI NUSSA PADA KELOMPOK B DI TK AL-ISHLAH KOTA BEKASI

Masnah Masnah(1*), Nina Yuminar Priyanti(2)

(1) Universitas Panca Sakti Bekasi
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Kondisi awal menunjukan bahwa empati Kelompok B.3 di TK Al-Ishlah Kota Bekasi belum berkembang dikarenakan terbatasnya media pembelajaran dan guru belum memanfaatkan penggunaan laptop yang ada disekolah, sehingga Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bekerjasama dengan guru kelompok B.3 dengan subjek penelitian 11 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 6 anak perempuan dengan menggunakan model Kurt Lewin, observasi dan dokumentasi sebagai instrument dalam penelitian ini. Hasil Penelitian Pra Siklus sebanyak 3 anak yang kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (27,27%), Siklus I sebanyak 6 anak yang kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (54,54%), Siklus II sebanyak 9 anak yang terdiri dari 1 anak mencapai kategori Berkembang Sangat baik (BSB) dan 8 anak yang mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (81,81%), sehingga dapat disimpulkan bahwa film animasi Nussa dapat meningkatkan empati anak kelompok B di TK Al-Ishlah Kota Bekasi.


Keywords


Empati; Film; Animasi; Nussa; Kelompok B

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fardani, N., Diah, & Lismanda, Y. F. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Dalam Film ‘Nussa'. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Muhtadi, Ali. (2019). Metode Penelitian Empati Untuk Mengembangkan Kecakapan Sosial (Social Skill) Anak. Yogyakarta: Lumbung Pustaka UNY.

Patiung, D., Ismawati, I., Herawati, H., & Ramadani, S. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia IDni. Indonesian Journal Of Early Childhood Education 2(1).

Sari, L. P., & Yaswinda. (2022). Pengaruh Film Animasi Nussa Terhadap Empati Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Journal of Childhood Education.

Siregar, Hapsinah. (2018). Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun DI RA Al-Mutaqin 2017/2018.

Sumardi, Muslihin, H. Y., & Nurfazrina, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Review). Jurnal PAUD Agapedia 4(2):285–99. doi: https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30447.

Syafitri, Salma Mardatillah. (2020). Menumbuhkan Empati Dan Perilaku Prososial Terhadap Anak Usia Dini Dalam Menanggapi Pelajaran Isu Dunia Nyata. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 12(2). doi: 10.26418/jvip.v12i2.34049.

Wulandari, F., Rosidah, L., & Maryani, K. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Cooperative Learning Paud Bina Bangsa Islamic School Serang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).