MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM BOARDING SCHOOL DI MAN 1 LANGKAT
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Pembelajaran program boarding school di MAN 1 Langkat. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan triangulasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Siswa, Kepala Sekolah, dan Kepala Asrama Musrif dan Musrifah menjadi sumber data penelitian ini. Berdasarkan hasil temuan, perencanaan boarding school MAN 1 Langkat terdiri dari penetapan indikator atau standar keberhasilan dalam mencapai tujuan dan sasaran boarding school, menyusun strategi untuk mencapai tujuan tersebut, dan mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan. Beberapa kegiatan yang direncanakan berlangsung di asrama, seperti les dan setoran hafalan, sementara yang lain di luar asrama, seperti kegiatan berenang dan bersenang-senang. Ada yang tersusun rapi dalam jadwal kegiatan seperti kegiatan harian, mingguan, bulanan, semesteran, atau bahkan tahunan. Kepala Madrasah adalah manajer berpangkat tertinggi yang bertanggung jawab atas semua tanggung jawab manajerial, termasuk namun tidak terbatas pada: 1) menunjuk aset, mencari tahu dan membagikan tugas, dan meletakkan teknik-teknik penting dalam program sekolah boarding school, (2) menyusun konstruksi hirarki yang menunjukkan garis wewenang dan kewajiban, (3) latihan pendaftaran, penetapan, persiapan dan peningkatan aset manusia/pekerjaan, (4) latihan untuk mengatur SDM pada posisi yang paling sesuai. Masing-masing musyrif dan musyrifah menjalankan peran dan tanggung jawabnya dengan baik, dan para asatidz melakukan berbagai kegiatan pembelajaran untuk memastikan peserta didik berpartisipasi aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pesantren di MAN 1 Langkat berjalan lancar dan optimal.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aryanto, H., Azizah, M. D., Nuraini, V. A., & Sagita, L. (2021). Inovasi Tujuan Pendidikan di Indonesia. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(10). https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.231
Fahma, A., Mesiono, M., & Hadijaya, Y. (2021). Leading class program evaluation in improving the quality of education. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(02), 233–242.
Hakiem, A. (2021). Manajemen Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pesantren Afaada Boyolali. Media Manajemen Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.5057
Keling, M., Suwandi, S., & Hasibuan, M. M. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Di Madrasah Ibtidaiyah Al Yusufiah Kecamatan Rantau Selatan. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 124–136.
Matakena, P. J., Kusworo, & Madjid, U. (2021). Analisis Pengelolaan Barang Milik Daerah Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Deiyai Provinsi Papua. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nieuwlaat, R., Wilczynski, N., Navarro, T., Hobson, N., Jeffery, R., Keepanasseril, A., ... & Haynes, R. B. (2014). Interventions for enhancing medication adherence. Cochrane database of systematic reviews, (11).
Noor, I. H. M., Herlinawati, & Sofyaningrum, E. (2020). The academic supervision of the school principal: A case in Indonesia. Journal of Educational and Social Research, 10(4). https://doi.org/10.36941/JESR-2020-0067
Rukajat, A. (2018). Manajemen pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
S, A. (2016). Metodologi Penelitian: Pendekatan Penelitian. Artikel.
Sagala, S. (2015). Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren. Jurnal Tarbiyah, 22(2).
Subroto, B. (2018). An Overview on Contracting Theory and Agency Theory: Determinants of Voluntary Public Accounting Firms Switching. KnE Social Sciences, 3(10). https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3381
Sudrajat, T., Syah, M., & Erihadiana, M. (2021). Kontribusi teori kebijakan publik terhadap studi manajemen pendidikan islam. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi NEgara , 8(1).
Supriyanto, E. E. (2020). Kontribusi Pendidikan Pesantren Bagi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 13–26.
Susiyani, A. S. (2017). Manajemen Boarding School dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2). https://doi.org/10.14421/jpm.2017.22-08
Syaban, M. (2019). KONSEP DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. AL-WARDAH, 12(2). https://doi.org/10.46339/al-wardah.v12i2.141.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).