PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POLYSOC (MONOPOLY SOCIAL) UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini merespons kesulitan para guru dalam mengembangkan media pembelajaran, hal tersebut menyebabkan peserta didik bosan dan kehilangan pemahaman tentang materi yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat atau mengembangkan Polysoc (Monopoly Social) sebagai alat pembelajaran dan mengetahui kelayakan media tersebut untuk mata pelajaran IPS, terutama pada materi IPS semester kedua di kelas 5 Sekolah Dasar. Metode penelitian dan pengembangan digunakan dalam penelitian ini. Analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation) adalah lima langkah yang terdiri dari model ADDIE untuk fase pengujian produk. Untuk mendapatkan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, angket validitas dari professional atau ahli berpengalaman dalam bidang media, materi, dan pendidikan serta pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Polysoc (Monopoly Social) efektif dan layak digunakan selama pembelajaran. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil N-Gain Skor sebesar 64,37%. Selain itu, penilaian dari ahli media mencapai 92%, ahli materi 80%, pakar pendidikan 96,67% dan respons peserta didik terhadap uji produk mencapai 88,37%. Dengan demikian, media Polysoc (Monopoly Social) adalah layak dan efektif sehingga dapat digunakan dengan baik dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adilah, A. N., & Minsih, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monokebu pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5076–5085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3026
Anggraini, M. C., & Kristin, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4207–4213. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1015
Ariya, M., & Whindi Arini, N. (2021). Media Monopoli Sains (MONOIN) Untuk Pembelajaran IPA Pada Materi Semester I Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 268. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.37888
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Esterina, S., Marhayani, D. A., & Mertika, M. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.37304/jpips.v14i1.4724
Fadilah, E., Irianto, A., & Rusminati, S. H. (2022). Penggunaan Media Monopoly Education pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5827–5833. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3319
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 : Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat COVID-19. 35. www.kemendikbud.go.id
Mustofa, Abi Hamid, dkk. (2020). Media Pembelajaran (Tonni Limbong (ed.); Cetakan 1). Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran/npLzDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Media+pembelajaran&printsec=frontcover
Pranata, K., Widya Kartika, & Zulherman. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita. Jurnal Basicedu, 5(4), 2199–2208.
Raihanah, W. & Arini, N. (2019). Pengembangan Media Maze Board Animal dalam Pembelajaran IPA untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 66–70.
Sakdiyah, S. H., & Triwahyudianto, ). (2022). PENGEMBANGAN MODUL IPS TEMA KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU BERBASIS PENDEKATAN SOSIAL. Education Journal : Journal Education Research and Development, 6, 65–78. https://doi.org/10.31537/ej.v6i1.647
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44
Wulantari, & Sukardi. (2019). Pengembangan Media Peta Bentuk Puzzle Dengan Memanfaatkan Plastik Kemasan Makanan Ringan Pada Mata Pelajaran Sejarah. Kalpataru Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah Terbit, 4(1), 69–75.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19232
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).