EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 231 JAKARTA
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan motivasi belajar siswa yang rendah, hal tersebut dapat dilihat selama proses pembelajaran di kelas siswa tidak aktif dan tidak memperhatikan penjelasan guru di kelas. Dalam proses belajar, guru perlu memperhatikan kondisi siswa agar membuat pembelajaran yang bertahan lama. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan pemahaman melalui bimbingan kelompok dan menampilkan model sebagai contoh perilaku yang akan ditiru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik modeling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian menggunakan quasy eksperimen dengan jenis desain one group pretest-posstest. Populasi penelitian siswa kelas VIII-H SMP Negeri 231 Jakarta, peneliti menggunakan sebanyak 10 siswa untuk kelompok eksperimen berdasarkan teknik pengambilan sampel purpose sampling. Instrumen penelitian menggunakan instrumen angket dengan skala likert. Hasil penelitian skor pretest memperoleh rata-rata sebesar 114,5 dan possttest memperoleh rata-rata sebesar 135,5. Sehingga terjadi peningkatan rata-rata sebesar 21. Disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
XML (Indonesian)References
Amin, Z. N. (2017). Portofolio Teknik-Teknik Konseling (teori dan contoh aplikasi penerapan). In Universitas Negeri Semarang.
Anggreni, D. (2022). Metodologi Penelitian Kesehatan (E. D. Kartiningrum (ed.)). STIKes Majapahit Mojokerto.
Atika, N. (2016). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Di SMP Negeri 2 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1), 91–99.
Azkiyah, M. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Motivasi Belajar Siswa Underachiever Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri Sirampog Brebes Tahun Ajaran 2015/2016 Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Batubara, H. H., Sumantri, M. S., & Marini, A. (2023). Media Pembelajaran Komprehensif (1st ed., Issue January). CV Graha Edu. https://books.google.co.id/books?id=Fu9ZEAAAQBAJ
Fauzi, T. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 8 Palembang. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–6.
Haq, D. N. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kleco 1 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hariko, R. (2021). Bimbingan Kelompok Agentik: Model Peningkatan Perilaku Prososial Siswa. Literasi Nusantara.
Hartinah, S. (2017). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok (3rd ed.). PT Refika Aditama.
Jannah, M. (2021). Penerapan Konseling Islam dengan Teknik modelling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Rendah Pada Anak Disleksia di Desa Bungurasih Sidoarjo. In UIN Sunan Ampel. UIN Sunan Ampel.
Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Nurkia, S., & Sulkifly. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolis untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(2), 56–65.
Prayitno, Afdal, Ifdil, & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok. In 1st (Ed.), Ghalia Indonesia.
Putri, R. V., & Rosita, T. (2019). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever. In FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan) (Vol. 2, Issue 5). https://doi.org/10.22460/fokus.v2i5.3521
Rachman, F., Setiawan, M. A., & Rachmayanie, R. (2020). Pengantar Pelaksanaan Praktik Pengajaran di Sekolah Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi Coronavirus Disiase 2019 (COVID-19). Deepublish.
Ratri, P. M., & Pratisti, W. D. (2019). Teknik modeling dan bimbingan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa SMP X Surakarta. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 125–133. https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.7730
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Syukur, Y. (2019). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Klandungan: CV IRDH.
Usman, I., Puluhulawa, M., & Smith, M. Bin. (2017). Teknik Modeling Simbolis dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 84–92.
Yuniarwati, C. T. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Pada Siswa Kelas Xi Aph 1 SMKN I Cepu Semester Gasal Tahun 2017 / 2018. Empati: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol. 5(No. 1), 1–11.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.18381
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).