PROFIL KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 9 TAMBUN SELATAN

Nurmawati Nurmawati(1), Hanna Nur Oktaviyani(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui tingkat kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tambun Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian dan kuisioner atau angket digunakan sebagai alat pengumpul data. Responden berjumlah 74. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya dalam kedisiplinan belajar siswa berdasar pada jenis kelamin siswa perempuan cenderung lebih tinggi dibanding siswa laki-laki. Siswa perempuan memiliki nilai rerata 15 dan siswa laki-laki memiliki nilai rerata 10. Kedisiplinan belajar siswa berdasarkan indikator ketaatan dalam menjalankan tugas-tugas pelajaran berada pada kategori rendah, indikator ketaatan dalam menjalankan tata tertib sekolah berada pada kategori sedang serta indikator sikap dan kehadiran siswa di kelas berada pada kategori tinggi. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tambun Selatan perlu ditingkatkan dengan menerapkan semua peraturan sekolah, serta hasil penelitian ini merekomendasikan kepada seluruh siswa dan warga sekolah untuk dapat meningkatkan kedisiplinan siswa serta mempertahankan nilai-nilai baik yang sudah diterapkan di sekolah.

 


Keywords


Kedisiplinan; Siswa; Deskriptif Kuantitatif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alawiyah, T., Supriatna, E., & Yuliani, W. (2019). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Akademik Siswa. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice, and Research, 3(02), 91–98. Retrieved from https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/571

Harahap, F. (2014). Pengaruh Tingkat Kedisiplinan Pegawai Dalam Efektivitas Kerja di Universitas Medan Area.

Huzaifah, P. (2011). Penegakan disiplin siswa di SMK al-hidayah Ciputat. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pipin. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Disiplin pada Siswa SDN 2 Lepar Pongok . 1-73.

Satiawati, N. S. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Bantul Tahun Ajaran 2009/2010. Yogyakarta: FISE UNY.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.

Suharso, Dkk. (2019). Profil Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Cilawu Garut. Vol. 2 No. 5, 204-212.

Sulistyono, J. (2022). Buku Panduan Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral (Untuk Mengatasi Kedisiplinan Masuk Sekolah). Nusa Tenggara Barat: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penulisan Indonesia.

Syaharuddin, S. (2020). Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.17847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).