TRANSFORMASI NILAI – NILAI MORAL PADA ANAK MAJELIS SAYYIDUL KAUNAIN

Faturohman Faturohman(1*), Faridi Faridi(2), Syamsurizal Yazid(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan transformasi nilai moral pada anak Majelis Sayyidul Kaunain dan mengetahui implikasi transformasi nilai moral tersebut pada anak-anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik interaktif Miles dan Huberman, yang melibatkan beberapa tahapan seperti reduksi data, display data, dan verifikasi data. Selanjutnya, dilakukan uji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teori, yang bertujuan untuk memastikan bahwa data yang diperoleh valid dan akurat. Hasil penelitian ini mengungkap temuan-temuan diantaranya adalah: ada lima (5) tahap pentingya Pelaksanaan transformasi nilai-nilai moral anak di majelis taklim Sayyidul Kaunain, yaitu:1) Melaksanakan syiar Islam melalui zikir selawat r?tib, 2.) Pengajaran melalui kajian-kajian kitab, 3.) Mengamalkan Akidah Islam 4.) Menanamkan moral, 5.) budaya sosial yang baik. dan tiga (3) Implikasi transformasi nilai-nilai moral anak di majelis taklim sayyidul kaunain, yaitu: 1.) Dapat memperoleh keikhlasan dalam beribadah, 2.) Pembentukan moral, 3.) Motivasi belajar yang makin meningkat.

 


Keywords


Transformasi; Nilai; Moral

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hafid, M. & Musnandar, A. (2022). Program Majelis Taklim Rotibul Haddad Sebagai Syiar Mengubah Perilaku Keagamaan Pemuda. Dakwatun : Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2). Https://Doi.Org/10.58194/Jdmd.V1i2.97

Kusumastuti, Khoiron. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Karanggawang Barat: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo

Linarwati, M. & Fathoni, A. (2016). Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus Mega. 2(2).

Lukito, R. (2019). Pendidikan Moral. Media Indonesia. Https://Mediaindonesia.Com/Opini/223780/Pendidikan-Moral

Marzuki, A. (2016). Dinamika Dan Peran Majelis Ta’lim Dalam Meningkatkan Pengetahuan Keagamaan Di Wilayah Suku Tengger. Mafhum, 1(2).

Marzuni, R. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Batusangkar. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2). Https://Doi.Org/10.31958/Jaf.V4i2.416

Purwanto, Y. (2007). Psikologi Kepribadian. Http://Lib.Iainsasbabel.Ac.Id//Index.Php?P=Show_Detail&Id=2950%0a

Rianto, P. (2020). Modul Metode Penelitian Kualitatif. In Metode Penelitian (Issue July). Https://Www.Researchgate.Net/Publication/343064279

Sadjim, D. (2020). Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Moral Pada Subjek Didik Di Sma (Berbasis Learning Society). 7(2).

Saepullah, U. (2021). Hakikat Dan Transformasi Hukum Keluarga Islam Tentang Perlindungan Anak. Lp2m Uin Sunan Gunung Djati Gedung.

Setyawan, M. A. (2019). Penanaman Nilai Moral Anak Di Lingkungan Lokalisasi (Studi Kasus Tpq Ar-Rahman Kalibanteng Kulon Kota Semarang). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 165–188. Https://Doi.Org/10.14421/Jpai.2019.162-03

Sidiq, C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. In Journal Of Chemical Information And Modeling.

Silahuddin. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry, 3(2), 1–41. Http://Ejournal.Uin-Malang.Ac.Id/Index.Php/Madrasah/Article/View/1311

Sukrin. (2018). Guru Pendidikan Agama Islam Dan Transformasi Nilai Keislaman Dalam Perubahan Sosial. Kreatif: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 13(2), 209–220. Https://Doi.Org/10.52266/Kreatif.V13i2.89

Sumadi, T. (2020). Transformasi Nilai Berbasis Moralitas Kepada Anak. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (Kdt). Http://Sipeg.Unj.Ac.Id/Repository/Upload/Buku/Transformasi_Nilai_Berbasis_Moralitas_Kepada_Anak.Pdf

Syamsidar. (2018). Strategi Komunikasi Majelis Taklim Nurul Ishlah Sebagai Media Pendidikan Syamsidar Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama ]. Jurnalisa, 04. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Jurnalisa.V4i1.5625

Taubah, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam Mufatihatut Taubah (Dosen Stain Kudus Prodi Pai). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 109–136. Http://Jurnalpai.Uinsby.Ac.Id/Index.Php/Jurnalpai/Article/View/41.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.17423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).