ESENSIALITAS KEPEMIMPINAN ETIS DALAM MANAJEMEN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (STUDI KASUS PADA SMK IT NAPALA, BOGOR, JAWA BARAT)

Windi Megayanti(1*), Kholifatul Husna Asri(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) STEI Napala
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan esensialitas kepemimpinan etis dalam memanajemen sebuah sekolah, khususnya sekolah menengah kejuruan (SMK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif analisis deskriptif. Objek dalam penelitian ini ialah gaya kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) IT Napala, Bogor, Jawa Barat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa implementasi aspek kepemimpinan di SMK IT Napala, Bogor, Jawa Barat mencapai nilai rata-rata 82,81. Skala implementasi tertinggi ada pada aspek inspirasional dengan nilai 87,50. Sedangkan nilai terendah terdapat pada aspek perangsang intelektual dengan nilai 79,20. Adapun tingkat keetisan pemimpin di SMK IT Napala, Bogor, Jawa Barat tergolong tinggi. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata indikator keetisannya sebesar 85,83. Nilai indikator keetisan terbesar ada pada indikator kejujuran dengan nilai 95,80. Sedangkan nilai terendah ada pada indikator altruisme dan kepedulian dengan nilai masing-masing 79,20. Hal ini mengindikasikan bahwa SMK IT Napala dijalankan dengan penuh keetisan. Penelitian ini membuktikan bahwa betapa esensialnya kepemimpinan etis diterapkan di dalam sebuah sekolah agar manajemen sekolah dapat berjalan dengan baik dan selaras, sehingga bukan tidak mungkin sekolah unggul akan dapat dicapai karena baik guru maupun muridnya dapat mencapai prestasi yang maksimal akibat dukungan yang maksimal dari kepala sekolahnya

 


Keywords


Kepemimpinan; Kepemimpinan Etis; Manajemen Sekolah; Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Franke, R. H., Hofstede, G., & Bond, M. H. (1991). Cultural roots of economic performance: A research notes. Strategic Management Journal, 12(1), 165-173.

Munajah, A., & Purba, D. E. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Etis dan Iklim Etis terhadap Komitmen Afektif. Jurnal Psikologi, 14(1), 30-39.

Pahrudin, C., Marina, S., & Agusinta, L. (2018). Kepemimpinan Etis, Karakteristik Pekerjaan, dan Kepuasan Kerja Karyawan Maskapai Penerbangan. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 5(2), 117-128. doi:10.54324/j.mtl.v5i2.244

Peccei, R., Giangreco, A., & Sebastiano, A. (2011). The role of organisational commitment in the analysis of resistance to change: Co-predictor and moderator effects. Personnel Review, 40(02), 185-204.

Prasetya, E. P. (2020). 10 Characteristics of SMK Teachers In The Industrial Era 4.0 (Case Study at SMK Bina Profesi Bogor). EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 04(01), 50-55.

Purba, D. E., Oostrom, J. K., Van der Molen, H. T., & Born, M. P. (2015). Personality and organizational citizenship behavior in Indonesia: The mediating effect of affective commitment. Asian Business & Management, 14(2).

Riski, H., Rusdinal, R., & Gistituti, N. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3531-3537. doi:10.31004/edukatif.v3i6.944

Suhifatullah, M. I., Thoyib, M., & Dahlan, J. A. (2020). Kepemimpinan Etis Guru dalam Pendidikan Karakter. Kelola; Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 14-24. doi:10.24246/j.jk.2020.v7.i1.p14-24

Susanto, H. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 197-212. doi:10.21831/jpv.v2i2.1028

Widiatna, A. D. (2019). TEACHING FACTORY: Arah Baru Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Jakarta: Pustaka Kaji.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.17147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).