ANALISIS PROFIL GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SEBAGAI DATA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS XII SMA NEGERI 1 PALEMBANG

Rafiska Rafiska(1*), Rahmi Susanti(2)

(1) Universitas Sriwijaya
(2) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka menuntut untuk diterapkannya pembelajaran paradigma baru yang memberikan keleluasaan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran dan assessmen yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang mengarahkan pembelajaran berpusat pada siswa. Salah satu contoh perbedaan karakteristik siswa dapat dilihat dari gaya belajarnya, perbedaan pada gaya belajar siswa ini dapat diakomodasi dengan cara melakukan pembelajaran berdiferensiasi sehingga pembelajaran dapat memenuhi kebutuhan peserta didik sesuai dengan karakteristiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecenderungan gaya belajar siswa kelas XII SMAN 1 Palembang sebagai data awal untuk penerapam pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini deskripstif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan website dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara mengelompokkan data diverivikasi untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan didominasi oleh gaya belajar visual yaitu sebanyak 49%, kemudian gaya belajar auditori sebanyak 15% serta gaya belajar kinestetik sebanyak 36% serta dari tiga pengelompokkan diatas terdapat siswa yang memiliki kecenderungan gabungan. Pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dengan tujuan untuk mengakomodir perbedaan karakteristik siswa khususnya pada profil gaya belajar


Keywords


Kurikulum; Gaya Belajar; Pembelajaran Berdiferensiasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustina, N. K. (2018). Analisis Soal Dalam Buku Teks Matematika SMP Kelas VII Berdasarkan Pada Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel

Alhafizh, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(8), 1913-1922.

Fatoni, A. (2011). Metodelogi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2).

Kurniawan, M. G. (2017). Analisis Karakter Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. JINoP(Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1).

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Universitas Negeri Padang.

Mukrimah, S. S. (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung: UPI.

Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmuah Edutic, 1(1), 1-12.

Setiawati, M. S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar. Helper Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31-46.

Sine, H. (2019). Peran Pendidik dalam Menghadapi Keberagaman Gaya Belajar Murid. Jurnal Teologi Kristen, 1(2), 85-98.

Sukendra, I. K. (2017). Penerapan Stratetigi Pembelajaran Diferensiasi Progresif Berbantuan LKS Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. 18(22), 100-113.

Swandewi, N. P. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Teks Fabel pada Siswa KElas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Deiksis, 3(1), 53-62.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM, 10(2).

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3).

Yuliani. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Jurnal Quanta, 2(2), 83-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.17043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).