PENGHAYATAN NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Rianda Marta Derici(1), Ermayanti Ermayanti(2*)

(1) Universitas Sriwijaya
(2) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses pembentukan peserta didik guna menjadi manusia seutuhnya yang berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman mereka merupakan dasar pemikiran Ki Hajar Dewantara. Oleh karena itu, penting untuk tidak hanya memahami Pancasila secara teoritis, tetapi juga perlu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan seperti ini sesuai dengan pandangan Ki Hajar Dewantara dalam membentuk karakter pelajar yang mengedepankan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengulas dan menjelaskan penguatan profil pelajar Pancasila terhadap penghayatan nilai-nilai Pancasila dan kebhinekatunggalikaan di SMA Negeri 10 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi dan studi kasus. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 10 Palembang ternyata terdapat banyak perbedaan baik peserta didik maupun guru, namun perbedaan tersebut bukan menjadi penghalang berlangsungnya proses pembelajaran, dimana sekolah ini sangat menjunjung tinggi nilai toleransi. Penanaman profil pelajar Pancasila dan penghayatan Pancasila sendiri sudah diterapkan di SMA Negeri 10 Palembang. Kurikulum merdeka telah diimplementasikan untuk kelas, sehingga peserta didik dapat bergotong royong, berpikir kritis, serta kreatif pada saat diberikan sebuah projek. Implementasi nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 10 Palembang telah memberikan penguatan terhadap karakter profil pelajar Pancasila peserta didik. Hal ini berhasil dicapai berkat partisipasi seluruh warga sekolah


Keywords


Pancasila; Profil Pelajar Pancasila; Sekolah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 441-442.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103-115.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110-121.

Rianto, H. (2016). Implementasi Nilai Kemanusian yang Adil dan Beradab di Lingkungan Sekolah: Sosial Horison. Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 1-12.

Sianturi, Y. R. U., & Dinie, A. E. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari Hari dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 2723-2328.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk Satuan PAUD. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Susanto. (2016). Pancasila Sebagai Identitas dan Nilai Luhur Bangsa: Analisis Tentang peran Pancasila sebagai Modal Sosial Berbangsa dan Bernegara. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 2(1), 44-45.

Ubaidillah. (2018). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 14(1), 26-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).