PARADIMA POSITIF DAN SAKSAMA PADA MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS KEWIRAUSAHAAN

Tedy Ardiansyah(1*), Dipa Teruna(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Nasional
(*) Corresponding Author

Abstract


Kewiraushaan adalah masalah yang pelik di Indonesia ini hampir semua penduduk di Indonesia masih jauh untuk melakukan kegiatan wirausaha. Sama halnya dengan permasalahan disekolah sama rumitnya dalam melakukan wirausaha. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar variabel-variabel yang menyangkut kewirausahaan dan manajemen sekolah, yang kedua untuk mengetahui model yang tepat dalam menerapkan manajemen berbasis kewirausahaan dimana hal ini dibentuk dari dua sumber yang berbeda yaitu Google Scholar (GS) dan Semantic Scholar (SS). Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis sistematik literatur, dimana data yang didapatkan berkisar 348 data artikel atau paper. Pemilahan data menggunakan sistem PRISMA dan adapun pengolahan menggunakan tools Nvivo 12 plus. Hasil dari penelitian ini menunjukan hanya 4 artikel yang menunjukan hubungan yang kuat atau strong untuk manajemen sekolah berbasis kewirausahaan. Adapun model terbentuk menjadi dua bagian dimana masing-masing model mempunyai keunikan dan kekhasan sendiri dan diharapkan dari model tersebut dapat membantu kewirausahaan di sekolah untuk kinerja wirausaha disekolah maupun referensi teori dalam melakukan wirausaha di sekolah


Keywords


Manajemen Sekolah; Kewirausahaan; Model

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cahyani, E., & Harsono, M. (2021). Mapping; Ranah Affektif (Sikap) Wirausaha Mahasiswa Politeknik Swasta di Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 12(2), 150–155.

Darmawan, A., Aurora, W. I. D., & Nuriyah, N. (2021). Inovasi pembelajaran penggunaan instrumen Strobe (Strengthening The Reporting Of Observasional Studies In Epidemiology) dan PRISMA (Prefered Reporting Items For Systematic Reviews And Meta-Analyses) Pada Materi Ajar Jurnal Reading Program Studi Profesi Do. Electronic Journal Scientific of Environmental Health And Disease, 2(2), 129–133.

Fathurrochman, I., Adilah, P., Anjriyani, A., & Prasetya, A. Y. (2022). Pengelolaan Manajemen Sekolah Yang Efektif. E-AmalJurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1363–1374.

Fazilla, S., & Surya, E. (2022). Analisis Peran Orang Tua dan Lingkungan Dalam Pendidikan Dasar di Jepang Dan Indonesia pada Masa Pandemi. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3133–3143.

Fernando, E., & Jamaaluddin, J. (2020). Peran Wirausaha Milenial Dalam Memajukan Perekonomian Bangsa. Pewira Usaha Sebagai Penopang Kemajuan Bangsa.

Hanafi, R. (2022). Identifikasi Problem Usaha Mikro Pada Pengrajin Sangkar Burung Kadilangon Di Masa Covid-19. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 79–85.

Khamimah, W. (2021). Peran kewirausahaan dalam memajukan perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 228–240.

Mauliddina, S., Puspitawati, A., Aliffia, S., Kusumawardani, D. D., & Amalia, R. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingginya Angka Perceraian Pada Masa Pandemi Covid-19: A Systematic Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(3), 10–17.

Nugraha, D., Wulandari, M. A., Yuningsih, E., & Setiani, N. (2022). Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Program Kewirausahaan di Sekolah Dasa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6754–6762.

Nurfadillah, T. A., Lailawati, E., Yuliyantoit, D. A., & Panasa, P. (2022). Pengembangan karya kewirausahaan melalui program peduli lingkungan pada anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 94–101.

Panjaitan, R. (2022). Nascent Entrepreneur: a Systematic Review and Future Research Direction. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(1), 65–71.

Permana, T. I., Qibtiyah, S. M., Rohmah, L. F., Hidayat, N. H., Rahmawati, H. R., Setyaningsih, Y., & Rochani, A. (2021). Pembentukan Karakter Wirausaha Anak Panti Asuhan Aisyiyah Dinoyo Malang melalui Batik Celup. International Journal of Community Service Learning, 5(1), 51–58.

Sudianto, S., & Kisno, K. (2021). Potret kesiapan guru sekolah dasar dan manajemen sekolah dalam menghadapi asesmen nasional. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 85–97.

Zulianto, A., & Putri, D. K. (2022). Strategi Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Terhadap Generasi Millennial Dan Calon Entrepreneur Pada Era Digitalisasi Ekonomi Di Indonesia. TAWAZUN: JURNAL EKONOMI SYARIAH, 2(1), 95–103.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).