ANALISIS REGRESI DENGAN VARIABEL DUMMY UNTUK MENGETAHUI FAKTOR YANG MEMENGARUHI HASIL BELAJAR MAHASISWA DI BIDANG STATISTIKA

Moh. Irvan(1*)

(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang pada hasil belajar statistika mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Jakarta tahun akademik 2022/2023 yang bervariasi. Persentase hasil belajar statistika secara rata-rata sebesar 64.3% dan simpangan bakunya 8.61 cenderung heterogen dan ragamnya relatif kecil. Meskipun rendah keragaman hasil belajar statistika ini, penulis masih tertarik mengkaji lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan variabel-variabel apa saja yang ada keterkaitan terhadap hasil belajar statistika. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Sampel berjumlah 210 mahasiswa aktif Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan variabel bebas berupa dummy coding. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar mata kuliah bidang statistika mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Jakarta tahun akademik 2022/2023 dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan, latar belakang jurusan SLTA dan mahasiswa yang bekerja part time. Sedangkan variabel jenis kelamin, asal daerah, mahasiswa yang aktif berorganisasi dan mahasiswa status perantauan tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata kuliah bidang statistika 

Keywords


Hasil Belajar Statistika; Regresi; Variabel Dummy

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andriani, P. (2010). Pengaruh asal sekolah dan jurusan terhadap hasil belajar pengantar dasar matematika mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 118-133.

Choirunisa, N. L., & Marheni, A. (2019). Perbedaan motivasi berprestasi dan dukungan sosial teman sebaya antara mahasiswa perantau dan non perantau di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 21-30.

Draper, N., & Smith, H. (1981). Applied Regression Analysis. John Wiley & Sins, Inc.

Habibi, M. W., & Hartoto, S. (2019). Perbandingan prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari keikutsretakan mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 7(3), 265-268.

Hasan, M. I. (2001). Pokok-Pokok Materi Statisitk 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Irsyad, T., Wuryanddini, E., Yunus, M., & Hadi, D. P. (2020). Analisis keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran statistika multivariat. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA, 12(1), 89-96.

Linggasari, L. Y., & Kurniawan, R. Y. (2019). Hubungan kerja paruh waktu dengan prestasi akademik mahasiswa. JUPE, 7(3), 92-98.

Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja dan dampaknya pada aktivitas belajar dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201-209.

Pedhazur, E. J. (1997). Multiple regression in behavioral research explanation and prediction. United States of America: Christopher P.Klein.

Rohmawati, I. I., Sulistyaningrum, D., & Ninghardjanti, P. (2021). Pengaruh kerja paruh waktu dan motivasi belajar terhadap perestasi belajar mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. JIKAP, 5(2), 1-20.

Setyawati, D. U., Korida, B. D., & Febrilia, B. R. (2020). Analisis regresi logistik ordinal faktor-faktor yang memengaruhi IPK mahasiswa. Jurnal Varian, 6(1), 65-72.

Sholikhah, A. (2018). Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi FE Unesa angkatan 2015. JUPE, 6(2), 79-80.

Sukri, A., & Purwanti, E. (2014). Hubungan persepsi dan tingkat keaktifan dengan hasil belajar mahasiswa biologi pada perkuliahan bioteknologi di Universitas Muhammadiyah Malang. JEMS, 2(1), 1-7.

Yahya, G. M., & Mintari, S. U. (2019). Analisis prestasi akademik pada mahasiswa yang bekerja part-time di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2014. JPE, 12(1), 46-52.

Yuliawan, A. (2016). Hubungan antara motivasi belajar dan latar belakang pendidikan dengan prestasi belajar mahasiswa. Profesi, 14(1), 14-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).