PENGEMBANGAN MODUL PAI BERBASIS NILAI-NILAI AKHLAK AL-KARIMAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengembangan modul PAI berbasis nilai moral al-Karimah untuk meningkatkan karakter religius siswa, (2) kelayakan modul PAI berbasis nilai moral Al-Karimah untuk meningkatkan karakter religius siswa, (3) kepraktisan modul PAI berbasis nilai moral karima meningkatkan kualitas religius siswa, dan (4) efektivitas modul PAI berbasis nilai moral karima meningkatkan kualitas religius siswa. karakter siswa Metode penelitian menggunakan model Sugi Yono untuk memperluas Penelitian. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP. Produk yang dikembangkan adalah modul PAI yang telah diverifikasi kelayakannya oleh ahli desain, ahli materi dan praktisi pendidikan. kepraktisan dan efektivitas kemudian diuji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Modul pembelajaran yang dikembangkan adalah modul PAI berbasis nilai-nilai akhlak al-karimah untuk meningkatkan karakter religius siswa SMP, (2) Modul pendidikan Islam berbasis nilai-nilai akhlak al-karimah. Nilai moral karimah telah diverifikasi oleh ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan, dan hasil verifikasi menunjukkan rata-rata skor dalam kategori sangat efektif adalah 3,51, sehingga modul ini layak untuk pembelajaran PAI, (3) Berdasarkan Modul PAI tentang al-Pengembangan nilai akhlak karimah dengan skor 3,29 pada kategori praktis dari sisi siswa dan 3,31 pada kategori praktis dari sisi guru dan (4) berdasarkan pengembangan nilai akhlak al-karimah Modul PAI terbukti efektif dalam meningkatkan pencapaian kualitas keagamaan siswa dengan koefisien N-Gain sebesar 0,32 Kategori Sedang.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abrasyi, A. (2018). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Am, S. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Cecep, H., Widyastuti, A., Subakti, H., Hasibuan, F. A., Sartika, S. H., Ardiana, D. P. Y., & Simarmata, J. (2021). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Desriani. (2018). Formulasi Hair Tonic Ekstrak Buah Mentimun (Cucumis sativus) sebagai Solusi Ketombe dan Rambut Rontok pada Wanita Berhijab. Pharmauho, 4(1).
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The systematic design of instruction 7th Ed. United State of America: Pearson Education.
Hasbullah. (2005). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Majid, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya.
Mappanganro. (1996). Eksistensi Madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional. Berka Utami.
Matlin, M. (2004). The Psychology of Women, fifth edition. Wadsworth: Thomson Learning, Inc.
Minarti, S. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Muhaimin. (2009). Pengantar Kurikulum PAI. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Santrock, J. W. (2008). Educational Psychology. Jakarta: Kencana.
Siregar, N., & Nara, H. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative learning. Bandung: Nusamedia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Wilis, D. R. (2006). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: PT Kencana Prenadamedia Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.16259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).