STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI AKTIVITAS KELAS PADA SISWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Fifin Afriana Farindi Astutik(1*), Rahmat Aziz(2)

(1) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(2) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengembangan kepedulian sosial siswa penting dalam ranah pendidikan melalui berbagai kegiatan kelas dan lingkungan sekolah. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu mendeskripsikan permasalahan pengembangan karakter peduli sosial, strategi guru dalam mengembangkan karakter peduli sosial, dan dampak penerapan strategi guru terhadap karakter peduli sosial siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan angket. Data kuantitatif karakter peduli sosial diperoleh dari 220 siswa SMP di Malang, Jawa Timur. Data kualitatif diperoleh dari lima guru yang dipilih secara purposif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis tematik dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan dalam pengembangan karakter peduli sosial yang berasal dari siswa adalah kurangnya kesadaran dalam diri mereka tentang karakter peduli sosial. Strategi guru untuk mengembangkan karakter peduli sosial adalah pembiasaan dan keteladanan. Hasil penelitian ini berimplikasi bahwa pengembangan karakter peduli sosial siswa dapat dilakukan melalui proses pembiasaan di dalam kelas dan dengan memberikan keteladanan dari guru. Penelitian dengan pendekatan metode campuran dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menyempurnakan penelitian ini.


Keywords


Aktivitas Kelas; Karakter; Peduli Sosial

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802

Aziz, R., Rinda, A., Novezry, Rahmawati, Selina, S., Hasan, M., Mustofa, & Hady, M. S. (2021). Students’ social care during the COVID-19 pandemic: How do school and family make collaboration to develop it? Journal of Educational Research and Evaluation, 5(4), 542–550. https://doi.org/10.23887/jere.v5i4.36911

Boone, H. N., & Boone, D. A. (2012). Analyzing Likert data. Journal of Extension, 50(2).

Busyaeri, A., & Muharom, M. (2016). Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.177

Damiarti, A. A., Trie Damayanti, T., & Nugrahai, A. R. (2019). Kampanye #Thinkbeforeyoushare Oleh Organisasi Do Something Indonesia Untuk Mengubah Perilaku Generasi Milenial. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(1), 65. https://doi.org/10.20527/mc.v4i1.6355

Khaerunnisa, S., & Muqowim, M. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial. In ThufuLA: Jurnal Inovasi …. scholar.archive.org.

Mufrihah, A. (2018). Pembentukan kompetensi pribadi-sosial menurut Alfred Adler dan relevansinya dalam bimbingan dan konseling pribadi-sosial. Al-Tazkiah, 8(1).

Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-06

Okeke, C. I. O., & Drake, M. L. (2014). Teacher as role model: The South African position on the character of the teacher. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(20), 1728–1737. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n20p1728

Sari, R. I. (2020). Analisis sikap toleransi belajar IPA siswa sekolah menengah pertama. Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 120–128.

Sufanti, M., Nuryatin, A., Rohman, F., & Waluyo, H. J. (2021). The Content of Tolerance Education in Short Story Learning in High Schools. Asian Journal of University Education, 17(1). https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12609

Viningsih, T. V., & Listyaningsih. (2020). Peran guru PPKn dalam pembinaan karakter peduli sosial peserta didik di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 08(02), 826–840.

Wahyuni, E. N., Aziz, R., & Mangestuti, R. (2020). Family, Spirituality, and Mental Health in Higher Education. August 2020, 376–385. https://doi.org/10.5220/0008589703760385

Yin, R. K. (2014). Design and Methods, Third Edition, Applied Social Research Methods Series, Vol 5. In Sage Publications (pp. 1–181).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.16152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).