PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENILAIAN AUTENTIK DI SEKOLAH DASAR AR-ROHMAH

Novita Asna Wardati(1*), Khozin Khozin(2), M. Nurul Humaidi(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berfokus pada problematika guru Pendidikan Agama Islam dalam penilaian autentik yang terdapat di Sekolah Dasar Ar-Rohmah. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data pada penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan problematika guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan penilaian autentik di Sekolah Dasar Ar-Rohmah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Ar-Rohmah telah melakukan penilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun, tetap terdapat beberapa problematika yang terjadi di dalamnya. Problematika penilaian autentik di Sekolah Dasar Ar-Rohmah ialah pada penilaian afektif, kognitif dan psikomotorik. Hal ini dikarenakan tidak semua aspek penilaian penilaian dilaksanakan dengan baik oleh pendidik. Penilaian afektif yang belum dilaksanakan ialah penilaian diri dan penilaian antarteman. Penilaian diri dan penilaian antarteman belum dilaksanakan di Sekolah Dasar Ar-Rohmah disebabkan pada tingkatan sekolah dasar dianggap belum objekif dalam menilai. Penilaian kognitif belum maksimal diterapkan karena peserta didik yang tidak masuk dan tidak mengerjakan tugas. Kemudian, penilaian psikomotorik belum dilaksanakan semua penilaiannya dikarenakan lebih banyak pada penilaian praktik dibanding yang lain dan penilaian dirasa rumit oleh pendidik. Solusi dari problematika ialah instrumen penilaian digunakan disederhanakan agar memudahkan penilaian autentik di sekolah. Kemudian, kepala sekolah harusnya melaksanakan evaluasi rutin untuk kinerja pendidik. Jika kemudian ditemukan kekeliriuan, maka ditambah dengan memberikan workshop terkait penilaian autentik

 


Keywords


Evaluasi; Problematika Penilaian Autentik; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdillah, F., Sulton, S., & Husna, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 41–50. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p041

Creswell, J. W. (2019). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran.

Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035–1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521

Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58–67. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391

Marfuah, A., & Febriza, F. (2019). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dan Perguruan Tinggi. FONDATIA, 3(2). https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.301

Marjuki, A. I. (2019). Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dengan Sains di SMKN 3 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebooks, 3rd ed. Sage Publications.

Nisrina, Irawat, & Yusuf, N. (2019). Kendala Guru dalam Melaksanakan Penilaian Portofolio pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 69 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 53(9), 1689–1699.

Permendikbud. (2014). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum, 13, 13,23. http://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014.pdf

Ramadhani, R. H. D., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Penilaian Ranah Sikap dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 17–25.

Rusmita, oleh F. H. (2021). Implementasi Penilaian Autentik Aspek Efektif Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 2 Terbanggi Besar Lampung Tengah.

Sudiana, I. K., Sastrawidana, I. D. K., & Antari, N. P. S. (2018). Kendala Guru dalam Penyelenggaraan Penilaian Sikap. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2), 69. https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i2.21169

Syaidah, U., Amaliyah, A., & Ismail, Y. (2016). Kemampuan Guru PAI dalam Merencanakan dan Melaksanakan Penilaian Autentik. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 12(2), 143–157. https://doi.org/10.21009/jsq.012.2.01

Wijayanti, A. (2022). Efektivitas Self Assessment dan Peer Assessment dalam Pembentukan Karakter Siswa. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15(2), 1895–1898. https://doi.org/10.30762/realita.v15i2.482




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).