PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENILAIAN AUTENTIK DI SEKOLAH DASAR AR-ROHMAH
(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdillah, F., Sulton, S., & Husna, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 41–50. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p041
Creswell, J. W. (2019). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran.
Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035–1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521
Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58–67. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391
Marfuah, A., & Febriza, F. (2019). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dan Perguruan Tinggi. FONDATIA, 3(2). https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.301
Marjuki, A. I. (2019). Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dengan Sains di SMKN 3 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebooks, 3rd ed. Sage Publications.
Nisrina, Irawat, & Yusuf, N. (2019). Kendala Guru dalam Melaksanakan Penilaian Portofolio pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 69 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 53(9), 1689–1699.
Permendikbud. (2014). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum, 13, 13,23. http://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014.pdf
Ramadhani, R. H. D., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Penilaian Ranah Sikap dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 17–25.
Rusmita, oleh F. H. (2021). Implementasi Penilaian Autentik Aspek Efektif Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 2 Terbanggi Besar Lampung Tengah.
Sudiana, I. K., Sastrawidana, I. D. K., & Antari, N. P. S. (2018). Kendala Guru dalam Penyelenggaraan Penilaian Sikap. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2), 69. https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i2.21169
Syaidah, U., Amaliyah, A., & Ismail, Y. (2016). Kemampuan Guru PAI dalam Merencanakan dan Melaksanakan Penilaian Autentik. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 12(2), 143–157. https://doi.org/10.21009/jsq.012.2.01
Wijayanti, A. (2022). Efektivitas Self Assessment dan Peer Assessment dalam Pembentukan Karakter Siswa. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15(2), 1895–1898. https://doi.org/10.30762/realita.v15i2.482
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16099
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).