IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PEMBELAJARAN ISMUBA DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

Muhammad Fajar Hidayat(1*), Tobroni Tobroni(2), Achmad Tito Rusady(3)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi prinsip-prinsip Total Quality Management pada pembelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus sebagai jenis penelitian. Peneliti mengumpulkan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model yang diajukan oleh Miles and Huberman yaitu  mereduksi data, menyajikan data, dan memberikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM pada pembelajaran ISMUBA berjalan dengan baik. Sekolah menerapkan prinsip-prinsip TQM diantaranya; perbaikan terus menerus, perubahan kultur, kepuasan pelanggan, kolega sebagai pelanggan, organisasi terbalik, pemasaran internal, profesionalisme dan mutu pembelajaran. Dampak TQM diantaranya; 1) Peningkatan mutu pembelajaran ISMUBA, 2) Terciptanya kesempatan belajar bagi siswa yang kurang mampu, 3) Pembentukan karakter melalui keteladanan, 4) Strategi belajar yang bervariasi. Penerapan TQM dalam bidang pendidikan butuh usaha dan waktu yang tidak sebentar. Dalam penerapannya terdapat kendala dari berbagai factor seperti; 1) Kualitas input yang beragam, 2) Kurangnya pemahaman orang tua tentang ciri khas sekolah Muhammadiyah dalam pelajaran ISMUBA dan, 3) Kurangnya penerapan di kehidupan sehari-hari oleh peserta didik. Beberapa solusi yang diberikan oleh sekolah diantaranya; 1) Pemisahan kelas sesuai kemampuan peserta didik, 2) Pengadaan musyawarah dengan wali murid yang lebih intensif, dan 3) Kerjasama antara guru dan orang tua dalam mendidik peserta didik


Keywords


Total Quality Management; Pembelajaran ISMUBA; Peningkatan Mutu

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhwan. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. El-Tarbawi, 7(1), 61–67.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Darma, H. (2018). Manajemen Peseta Didik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.37755/jsap.v6i2.35

Dedi, S. F. (2021). Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar), 321–327.

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Peranan Total Quality Management (Tqm) Di Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 226. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.827

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Huda, A. N. (2018). Evaluasi Kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab Berbasis Integratif-Holistic di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Tarbiyatuna, 9(2).

Komarudin. (2011). Aplikasi Total Quality Manajemen Dalam Meningkatkan Pelayanan. 1(1), 27–42.

Koswara, D. (2011). Manajemen Pendidikan: Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94.

Muhammadiyah, M. P. D. dan M. P. P. (2022). Kurikulum Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab ( ISMUBA) Holistik Integratif Berpola Kurikulum Merdeka. Majelis Dikdasmen PP. Muhammadiyah.

Rizal, A. S. (2015). Orientasi Dan Konteks Sosial Pendidikan Islam [Memahami Dimensi Eksiologis Pendidikan Islam]. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 13(1), 1–15.

Rohmadi, S. H. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bantul: Araska.

Romanto. (2022). Manajemen Pembelajaran Ismuba untuk Meningkatkan Branding Sekolah di SMK Muhammadiyah 3 Weleri Kendal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 16423–16438.

Sallis, E. (2012). Total Quality Management In Education. Yogyakarta: IRCiSod.

Supadi. (2019). Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: UNJ Press.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2003). Total Quality Management. Jakarta: Penerbit ANDI.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).