STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK DI SD NEGERI 009 BANDARSYAH KABUPATEN NATUNA

Ferri Irawan(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembinaan akhlak dan alasan menggunakan strategi tersebut di SD Negeri 009 Bandarsyah Kabupaten Natuna. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembinaan akhlak di SD Negeri 009 Bandarsyah: 1) strategi keteladanan, para guru dan staf datang awal dan tidak terlambat, ketika berbicara dengan sopan, memberi dan mengucapkan salam saat bertemu, memberikan pelayanan pada peserta didik yang baik saat belajar, berpakaian rapi dan bersih, serta ikut memantau bagaimana aturan-aturan yang suadah berjalan di sekolah. 2) strategi pembiasaan, memberikan pembiasaan kepada peserta didik selalu berjabat tangan dengan guru, berdoa sebelum dan sesudah proses belajar mengajar selesai, membaca surah pendek setiap selasa pagi, serta memakai pakaian yang menutupi aurat. Kemudian alasan menggunakan dari strategi keteladanan dan pembiasaan di SD Negeri 009 Bandarsyah adalah untuk memberikan contoh pada peserta didik dalam menanamkan akhlak yang baik bagi warga sekolah serta melatih peserta didik untuk melakukan pembiasaan yang diterapkan oleh sekolah dalam rangka tercapainya akhlak yang mulia, memberikan ilmu-ilmu pengetahun serta ilmu keagamaan yang ada di sekolah kepada peserta didik dengan cara menanamkan niat yang ikhlas, dengan demikian pendidikan akhlak mereka akan tertanam sendirinya melalui pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah dalam hidup mereka, serta membiasakan peserta didik untuk menghargai ilmu yang dipelajari di sekolah serta memiliki kesabaran yang tinggi dalam menuntut ilmu khususnya dalam hal pembinaan akhlak yang terus dilakukan dari pihak sekolah dalam menggembleng peserta didik untuk selalu berbuat baik di segala bidang

 


Keywords


Strategi; Pembinaan; Akhlak

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adilham. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah Dasar Negeri 234 Barambang II Maros, Sulawesi Selatan. Jurnal Hadratul Madaniyah, 7(2), 56–60. https://doi.org/10.33084/jhm.v7i2.1995

Ahmad, S. dan A. (2021). Pembinaan Akhlak Siswa Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 10 Lebong. Jurnal ilmiah Mandala Education, 7(4), 40–44.

Attanwir. (2021). Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Siswa di Mts Ma’arif Karangasem Bali. Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 12(1).

Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 64.

Habibah, S. (2015). Akhlak dan Etika dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, Vol.1(4), 81. http://e-repository.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7527/6195.

Hamid, R. (2017). Keteladanan Menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam Kepribadian Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Vol 2, No. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.18592/jtipai.v2i1.1866.

Hidayat, W. (2020). Metode Keteladanan dan Urgensinya dalam Pendidikan Akhlak Menurut Perspektif Abdullah Nashih Ulwan. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 1–23. http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/index

Hully. (2020). Strategi Guru Dalam Membina Akhlak Siswa Di SMP Negeri 2 Sikur Lombok Timur. Binawakya, 4(1), 1–9.

Husaini, & Muliara. (2018). Strategi Guru Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa SMA Negeri I Bukit Kabupaten Bener Meriah. Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan), 2(1), 1–18. https://doi.org/10.47766/idarah.v2i1.262

Ibnu, M. dan, & Fahmi, A. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Penananaman Nilai-Nilai Akhlak Siswa Sma Negeri I Sekampung Lampung Timur. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 4(2), 317. https://doi.org/10.24952/fitrah.v4i2.953

Iman, B. (2016). Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di MTs Salobongko Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Of Islamic Education, April, 5–24.

Ismanto, H. S., Sulianto, Joko, M., & Sari, R. M. (2012). Membangun Remaja Sehat Untuk Mewujudkan Pribadi yang Berakhlak Mulia. E-Dimas, 3(1), 52. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v3i1.254

Kasno, & Harianto, E. (2019). Metode Pembinaan Akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta (Perspektif Psikologi Islam). Psikologika, 24(1), 59–72. https://doi.org/10.20885/psikologi.vol24.iss1.art5

Kusno, S. A. (2021). Strategi Guru Pendidikan Islam dalam Membina Akhlak Mulia Siswa SMAN 1 Bandung. Jurnal sosial Sains, 1, 705–714.

Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, XV(2), 1.

Mardi. (2021). Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Darul Hikmah, Kelurahan Taman Asri, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan. Berkala Ilmiah Pendidikan, 1(1), 20–27.

Mariani. (2022). Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Muhammad ‘Athiyah Al-Abrasyi. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 12(1), 1. https://doi.org/10.18592/jtipai.v12i1.6461

Melky, S. (2017). Strategi pembinaan ahklak siswa di sman 1 pagar alam. Jurnal penelitian pendidikan Islam, 2(1).

Mumtahanah. (2021). Strategi Guru dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Al-Wasi Bontoa Kabupaten Maros. IQRA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 17–27.

Mustopa. (2014). Akhlak Mulia dalam Pandangan Masyarakat Mustopa A . Pendahuluan Misi utama diutus Rasulullah Muhammad SAW adalah untuk menyempurnakan akhlak mulia , “ Sesungguhnya saya di utus untuk menyempurnakan akhlak mulia ”. Sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya (. Jurnal Pendidikan Islam, 8.

Sawaty, I. (2018). Strategi Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Al-Mau’Izhah, 1(1), 33–47.

Sriyatun. (2020). Strategi Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Social Humaniora. Jurnal Tambora, 4(2), 91–98.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Pendidikan Islam, 17(2).

Ultra, P., Hawi, A., & Suryana, E. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 65–72.

Utami, R. F. (2003). Strategi Pembinaan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Buah Hati Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 182–195.

Wirianto, D. (2013). Meretas pendidikan Karakter perspektif Ibn Miskawaih dan John Dewey. PeNA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).