STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN RELIGIOSITAS SISWA DI MAN 1 NATUNA

Hasmiza Hasmiza(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dan alasan penerapannya dalam meningkatkan religiositas siswa di MAN 1 Natuna. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala MAN 1 Natuna dalam meningkatkan religiusitas siswa adalah dengan; 1) Power strategy (kekuasaan), dimana kepala madrasah menerapkan kebijakan integrasi jam pelajaran sekolah dengan kegiatan asrama, menghadirkan suasana religius di madrasah serta menerapkan metode reward and punishment. 2) Persuasive strategy (ajakan), digunakan oleh kepala madrasah dengan cara melibatkan siswa dalam kegiatan keagamaan masyarakat dan menunjuk pembina kegiatan penunjang religiositas yang sesuai dengan kompetensi atau keahlian. 3) Normative re-educative (keteladanan), melalui kepribadiannya yang selalu melakukan pengawasan serta ikut serta dalam kegiatan siswa baik yang sudah terencana maupun kegiatan tambahan. Alasan kepala madrasah menerapkan strategi tersebut adalah sebagai upaya untuk: a) melahirkan perubahan madrasah yang lebih baik, b) membiasakan siswa dalam pengamalan agama, dan c) untuk memudahkan kepala madrasah berikutnya dalam menjalankan tugas dan pembinaan


Keywords


Strategi; Kepala Madrasah; Religiositas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asnawi, Wiyono, B. B., & Sunandar, A. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Religius di Sekolah. JAMP, 3(131–140). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i22020p131

Budio, S., & Abdurrahim, M. A. (2020). Persepsi Kepala Sekolah terhadap Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah. Jurnal Menata, 3(2), 112–131.

Creswell. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Dewi, D. R. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia dalam Menghadapi Tuntutan Abad ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019

Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). DEEPUBLISH.

Emilda, T. (2020). Strategi Kepala Sekolah Mengembangkan Budaya Islami di SMP Islam Terpadu se-Kecamatan Tanayan Raya Pekanbaru. Al-Mutharahah, 17(1), 1–9. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i1.74

Ernawam, D. (2017). Pengaruh Globalisasi terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah di Indonesia. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 32(1), 1–54.

Firdaus, F. (2020). Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90

Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Program Unggulan Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 89–95. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30131

Hidayat, N. (2021). Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(2), 264–275. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf

Julianto, V., Dzulqaidah, R. P., & Salsabila, S. N. (2017). Pengaruh Mendengarkan Murattal Al Quran terhadap Peningkatan Kemampuan Konsentrasi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2). https://core.ac.uk/download/pdf/234030645.pdf

Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al–Hikmah, 5 no. https://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/42

Mahmud, M. E. (2021). Strategi Pengoptimalan Suasana Religius di Sekolah. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 03(02), 229–240. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/sajie.v3i2.3566

Maryani. (2021). Manajemen Pembinaan Budaya Religius Siswa di SMA Muhammadiyah Katingan Tengah Kabupaten Katingan. Tunas, 6(2), 49–56. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/tunas/article/download/2523/1916

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. UI Press.

Mulyadi, E. (2018). Strategi Pengembangan Budaya Religius di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1688

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 23–42. https://media.neliti.com/media/publications/291595-metode-keteladanan-perspektif-pendidikan-44fd9cf0.pdf

Nasution, S. (2011). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Bumi Aksara.

Ningtyas, D. T., & Saputera, A. R. A. (2018). Pengaruh Kegiatan Keagamaan di Lingkungan Sekolah dan Keluarga dalam Membentuk Pengalaman Beragama. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 2(2), 192–201. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32332/tapis.v2i2.1226

Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 402. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19332

Raihan. (2019). Penerapan Reward dan Punishment dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa SMA di Kabupaten Pidie The Implementation of Rewards and Punishments within The Islamic Religious Education Learning in SMA ( Public Senior High Schoo. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(1), 115–130. https://media.neliti.com/media/publications/339545-penerapan-metode-reward-dan-punishment-d-ff44138d.pdf

Rifai, A. (2018). Strategi Kepala Sekolah dalam Implementasi Pendidikan Nilai di Sekolah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jpai.1.1.1-10

Sahlan, A. (2010). Mewujudkan budaya religius di sekolah: upaya mengembangkan PAI dari teori ke aksi. UIN-Maliki Press.

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.81

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Sukmadinata, N. S. (2012). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Supriyanto. (2018). Strategi Menciptakan Budaya Religius di Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 469–489. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/19

Surur, A. M. (2018). Upaya Menanamkan Nilai Religius Siswa di MAN Kediri 1 Kota Kediri dengan Ekstrakurikuler Keagaman Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 42–51. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-03

Syarnubi, S. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 87–103. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3230

Taufik, M., Hyangsewu, P., & Azizah, I. N. (2020). Pengaruh Faktor Religiusitas Terhadap Perilaku Kenakalan Remaja di Lingkungan Masyarakat. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 91–102. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1637

Windiharta, B. S. (2019). Pendampingan Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religiusitas Pada Anak Didik di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 12–25. https://doi.org/10.21831/diklus.v2i1.23645

Yamani, G., & Nur, M. D. M. (2022). Kesiapan Madrasah Menghadapi Era Society 5.0. … Dan Integrasi Ilmu Di Era Society …, 0. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1001%0Ahttps://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/download/1001/570

Yin, R. K. (2014). Studi Kasus Desain & Metode. Rajawali Press.

Yunus, E. S., Rukanta, D., & Arismunandar, P. A. (2021). Pengaruh Mendengarkan Murottal Al-Quran terhadap Penurunan Tingkat Stres Orang Dewasa. Prosiding Kedokteran, 382. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/kedokteran.v7i1.26643.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).