ANALISIS PEMINATAN KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Wafiq Azizah Ramadhani(1), Hapsari Assasanaim(2), Aishwanda Azizah Resanti(3), Sudirman Rizki Ariyanto(4*), Fahrur Rozi(5)

(1) Universitas Bhinneka PGRI
(2) Universitas Bhinneka PGRI
(3) Universitas Bhinneka PGRI
(4) Universitas Bhinneka PGRI
(5) Universitas Bhinneka PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi minat belajar siswa terhadap kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMPN 1 Kauman Tulungagung. Minat belajar siswa menjadi faktor penting dalam mencapai keberhasilan pembelajaran, karena dapat mempengaruhi proses pemahaman dan aplikasi materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa di SMPN 1 Kauman memiliki minat yang tinggi terhadap mata pelajaran TIK. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa meliputi cara mengajar guru, suasana kelas, dan fasilitas belajar yang memadai. Penggunaan alat peraga pengajaran dan kreativitas guru dalam penyampaian materi pelajaran juga berperan penting dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar TIK. Selain itu, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga menjadi faktor pendorong minat belajar siswa terhadap TIK. Siswa menyadari bahwa pengetahuan tentang teknologi informasi akan memberikan peluang kerja yang lebih luas di masa depan. Fasilitas belajar yang memadai juga memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran TIK. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa terhadap kompetensi TIK di SMPN 1 Kauman Tulungagung memiliki nilai yang positif. Faktor-faktor seperti cara mengajar guru, kreativitas penggunaan media pembelajaran, dan fasilitas belajar yang memadai berkontribusi dalam meningkatkan minat siswa. Pentingnya pengetahuan tentang TIK sebagai persiapan untuk masa depan, termasuk kesempatan kerja yang lebih luas, juga menjadi faktor pendorong minat siswa terhadap mata pelajaran TIK.


Keywords


Minat Belajar; TIK; Siswa; SMPN 1; Kauman Tulungagung

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achmad, F. R., & Pramudiani, P. (2022). Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas IV Selama Pembelajaran Daring Di Madrasah. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 950–960. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2719

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Ariyanto, S. R., Ardiyanta, A. S., Soeryanto, S., Warju, W., Hidayatullah, R. S., & Dianastiti, Y. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring Sebagai Langkah Persiapan Guru SMK dalam Melaksanakan Learning From Home di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 311. https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2263

Ariyanto, S. R., Arsana, I. M., & Ulum, R. (2019). Pengembangan Modul Radiator Trainer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNESA. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 4(2), 83–92. https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i2.27387

Arsana, I. M., Ariyanto, S. R., & Wibisono, H. G. (2019). Implementation of Problem-Based Learning Models Supported by Trainer Radiator Module for Heat Transfer Learning. Jurnal Taman Vokasi, 7(2), 226–231.

Cahyadi, W. R., Ariyanto, S. R., Hadi, B. S., Yandi, M., & Pratama. (2022). Pendidikan Jarak Jauh di SMK dan Kendalanya Selama Pandemi Covid-19. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 07(1), 247–253.

Destiana, B., & Soenarto, S. (2014). Faktor determinan pemanfaatan tik dan pengaruhnya terhadap kinerja guru SMK di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i3.2555

Diandita, E. R., Johar, R., & Abidin, T. F. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Metakognitif Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 79–87. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2533.79-97

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(3), 149. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230

Fani, J., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 14 Samarinda. Jurnal Prospek : Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(1), 24–34.

Hamam, A. (2021). Pengaruh Media Internet Terhadap Minat Pada Mata Pelajaran Tik Kelas Viii Di Smp Salafiyah Kota Pekalongan. Transformasi, 17(1). https://doi.org/10.56357/jt.v17i1.240

Marwati, A., Wahyudin, A., Utomo, A. S., Iza, N., & Halwa, E. N. (2021). Mendukung Transformasi Digital melalui Penyusunan Program Studi Software Engineering. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 373. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.39242

Meiwendika, C., Sesmiarni, Z., Iswantir, I., & Zakir, S. (2021). Korelasi Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri 1 Kecamatan Kapur Ix. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1853–1865. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i11.342

Miranda, E. (2011). Implementasi Data Warehouse dan Data Mining: Studi Kasus Analisis Peminatan Studi Siswa. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 2(1), 1. https://doi.org/10.21512/comtech.v2i1.2705

Nahdi, F., & Dhika, H. (2021). Analisis Dampak Internet of Things (IoT) Pada Perkembangan Teknologi di Masa Yang Akan Datang. INTEGER: Journal of Information Technology, 6(1). https://doi.org/10.31284/j.integer.2021.v6i1.1423

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Smk Di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391

Ricardo, R., & Meilani, R. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (Dampak minat dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajarnya). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79–92.

Santoso, W., Nurjannah, W., Shudhuashar, M., Fadilah, A. T., Junas, M. D., & Handayani, D. (2022). The Development of Telegram Bot Api to Maximize The Dissemination Process of Islamic Knowledge in 4.0 Era. Jurnal Teknik Informatika, 15(1), 52–62. https://doi.org/10.15408/jti.v15i1.24915

Setiawan, M. S. (2018). Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Direktur Akper Dan Kompetensi Staf Pengajar Dengan Kinerja Staf Pengajar Akper RSPAD Gatot Soebroto Di Jakarta. Journal Educational of Nursing (Jen), 1(1), 1–15. https://doi.org/10.37430/jen.v1i1.60

Soeryanto, S., Warju, W., Nurtanto, M., Ariyanto, S. R., & Kholifah, N. (2021). The use of Google Classroom in improving Learning Achievement on Apprenticeship Program in Vocational Schools. Interciencia Journal, 46(2), 221–231.

Sulistiyarini, D., & Sabirin, F. (2018). Analisis Perancangan Sistem Informasi Administrasi Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 2(1), 22. https://doi.org/10.23887/jppsh.v2i1.14006

Suratman, A., Afyaman, D., & Rakhmasari, R. (2019). Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4828

Ta`ali, T., Mawardi, A., & Yanto, D. T. P. (2019). Pelatihan PLC dan Elektropneumatik untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SMK Bidang Ketenagalistrikan: Pendekatan Revolusi Industri 4.0. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 88. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106722

Tomia, Novita, S., Fauziah, H. N., Oktavianus, Yuwita, R., & Selvi, S. A. (2002). Analisis Kemampuan Komunikasi dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di MTs Mujahidin Pontianak. Journal of Educational Integration and Development, 2(3), 1–10.

Wahyuni, I., Maison, M., & Pathoni, H. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 2 Kota Jambi. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 22. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.711

Widyastono, H. (2017). Pemahaman Guru Bimbingan Konseling Sekolah Menengah Pertama Tentang Program Peminatan Pendidikan Menengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 23–38. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.531

Yuliani, T., Indrawati, P., & Nur’aini, T. A. (2018). Analisis Minat Siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) di balikpapan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jurnal Akuntansi Manajemen Madani, 2(1), 1–11.

Zamroni, E. (2016). Urgensi Career Decision Making Skills Dalam Penentuan Arah Peminatan Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.700

Zoroja, J., & Pejic Bach, M. (2016). Editorial: Impact of Information and Communication Technology to the Competitiveness of European Countries - Cluster Analysis Approach. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 11(1), 1–1. https://doi.org/10.4067/S0718-18762016000100001.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.15884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).