TINGKAT LITERASI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA

Albertus Maria Setyastanto(1), Ari Wahyu Leksono(2), Rendika Vhalery(3*), Agus Abdillah(4)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan IPTEKS saat ini berfokus pada studi literasi. Literasi menjadi pusat perbincangan dikarenakan pentingnya serta banyaknya manfaat literasi bagi manusia. Salah satu bidang literasi yang akan dikaji yaitu literasi kewirausahaan. Mahasiswa sangat membutuhkan literasi kewirausahaan. Hal ini disebabkan oleh tuntutan dunia kerja maupun dunia usaha. Walaupun mereka sudah mendapatkan bekal dari beberapa mata kuliah kewirausahaan, namun masih banyak dari mereka yang belum mengoptimalkannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi kewirausahaan mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Indraprasta Kampus B yang beralamat di Jalan Kampung Tengah Kota Jakarta Timur pada tahun akademik gasal 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif yang terdaftar di prodi Pendidikan Ekonomi. Jumlah sampel sebanyak 329 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat literasi kewirausahaan mahasiswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa yang memiliki tingkat literasi tinggi sebanyak 171 (51,9%) mahasiswa dan mahasiswa yang memiliki tingkat literasi rendah sebanyak 158 (48,1%).


Keywords


Literasi; Kewirausahaan; Literasi Kewirausahaan; Mahasiswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alhadihaq, M. Y., & Ansori, A. (2022). Literasi Kewirausahaan Dan Daya Saing Usaha Yang Berkelanjutan (Studi pada Kelompok Belajar Usaha Konveksi Bandung). Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 54-59.

Anggraeni, H. (2019). Penguatan blended learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190-203.

Anwar, A. (2019). Pengaruh Literasi Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Di Smk Negeri 1 Soppeng (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makasar).

Aulia, N. A. (2020). Kajian Literasi Kewirausahaan Dan Literasi Digital Terhadap Keberlanjutan Usaha Pedagang Pakaian Di Pasar Baru Kabupaten Bantaeng (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

DITPSD. (2021). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar Yang Harus Kita Ketahui dan Miliki. Diakses dari; http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk-mengenal-6-literasi-dasar-yang-harus-kita-ketahui-dan-miliki. Diakses pada tanggal 11/11/2022,pada pukul 12.15.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.15639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).