IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA WIRAUSAHA

Endang Sulistyaniningsih(1*), Susilawati Susilawati(2), Rosalina Dewi Heryani(3), Martinus Tukiran(4), Surata Surata(5)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah merupakan keahlian yang sangat berarti, karena hal tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan budaya berwirausaha di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk memahami dan mendeskripsikan implementasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam menciptakan budaya wirausaha di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Subjek kajian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa. Berdasarkan pengamatan dan analisis deskriptif, bahwa hasil penelitian di lapangan menunjukkan adanya penerapan/implementasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam hal menciptakan budaya wirausaha, terealisasi dari kemampuan kepala sekolah dalam bersikap/berperilaku kreatif dan inovatif, mampu memberdayakan kompetensi kewirausahaan kepala sekolah, dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan di lingkungan sekolah. Memanfaatkan sumber daya yang sudah ada di sekolah dalam kaitannya dengan budaya kewirausahaan merupakan contoh perilaku kreatif dan inventif kepala sekolah yang bertujuan untuk mengeluarkan potensi terpendam sekolah, dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang diterapkan melalui kurikulum Merdeka Berbasis Projek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan mata pelajaran Prakarya & Kewirausahaan (PKWU) dalam pengelolaan unit usaha di sekolah.


Keywords


Kompetensi; Kewirausahaan; Kepala Sekolah; Budaya Wirausaha

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press

Afrizal, M. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Crammond, R. J. (2023). Entrepreneurship and Universities Pedagogical Perspectives and Philosophies. London: Springer Nature.

Istiqomah, A. N. (2022). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Program Eduprenuership di SMPN 2 Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 143–156. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.62

Jannah et al. (2022). Penerapan Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(4), 247–254.

Komariah, A. & Satori, D. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Krisantana, I. (2017). Pengaruh Budaya Berwirausaha dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(2), 1266–1280.

Kusuma, A. I. (2017). Strategi Manajemen Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. JURNAL JPSD, 4(1), 77–86. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd

Lisnawati et al. (2021). Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Wirausaha di MAN Model Banda Aceh. Jurnal Visipena, 12(1), 84–97.

Lydia, A. S. (2019). Evaluasi Pengelolaan Unit Produksi Di SMK Negeri 1 Mandu. Manajemen Pendidikan.

Mulyadi. (2013). Kewirausaahaan: Bertindak Kreatif dan Inovatif. Palembang: Rafah Press.

Mulyasa. (2015). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oktavia, R. (2014). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah pada SMP Negeri di Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP, 2(1), 596 ? 831.

Permendiknas. (2003). Undang-Undang SISDIKNAS NO 20/2003.

Permendiknas. (2007). Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah.

Priansa, D. J. & Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Sasqia et al. (2022). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(4), 265–270.

Rosyanti, & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Ecogen, 2(3), 587–595.

Schachter, et al. (2015). Disentangling Competences: Interrelationships on creativity, Innovation and entrepreneurship. Faculté Des Sciences de l’administration Pavillon Palasis-Prince, 1–40. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2014.11.006

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Surata. (2022). Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Wirausaha.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.15211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).