STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH (STUDI KOMPARASI SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA DAN SMP AL AZHAR SYIFA BUDI SOLO TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Riset berikut bertujuan ialah agar mampu mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah dan dampak strategi pada mutu sekolah. Metode penelitian ini menggunakan jenis studi lapangan (field study) dengan menggunakan sudut pandang kualitatif, model deskriptif menggunakan teknik wawancara, observasi serta studi dokumentasi. Riset berikut memilki sumber data yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, bidang kurikulum serta bidang sarana prasarana. Hasil riset berikut yakni strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah dengan menggunakan strategi hirarkis, transformasional dan fasilitatif oleh Zacher, Hannes, and Emily Johnson. Berdasarkan hasil riset yang sudah dilaksanakan yaitu memperlihatkan jika strategi yang di jalankan kepala sekolah SMP Muhammadiyah 8 Surakarta dan SMP Al Azhar Syifa Budi Solo yaitu strategi transformasional dan fasilitatif. Dalam strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah mliputi pengembangan kurikulum, guru, kesiswaan, sarana dan prasarana. Strategi yang dirumuskan oleh kepala sekolah terlaksana dengan efektif dan efisien serta sangat berpengaruh untuk peningkatan mutu sekolah. Strategi yang dibuat telah disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Dampak strategi pada mutu sekolah terlihat dari prestasi baik dalam bidang akademik atau non-akademik. Hal-hal yang dijadikan keberhasilan sekolah telah dikembangkan dan diberdayakan dengan baik oleh kepala sekolah
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sleman: Ar Ruz Media.
Asy’ari, H., Zahruddin, & Fauziah, S. (2017). Implementasi Prinsip-Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di SMK Ekonomika Depok Jawa Barat. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2).
Fadli, R. M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Mulyasa, E. (2004). Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saputra, H. A. (2020). Principal Leadership For School-Based Management. Available at SSRN 3635107.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Utami, L. D., & Simanjuntak, J. (2021). 20 Persen APBN untuk Pendidikan Tapi IPM Indonesia di Peringkat 107 dari 189 Negara Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 20 Persen APBN untuk Pendidikan Tapi IPM Indonesia di Peringkat 107 dari 189 Negara. Url: https://www.tribunnews.com/pendidikan/2021/05/03/20-persen-apbn-untuk-pendidikan-tapi-ipm-indonesia-di-peringkat-107-dari-189-negara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.15119
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).