PENGARUH SELF EFFICACY DAN LITERASI TECHNOPRENEURSHIP TERHADAP MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNINDRA

Rosalina Dewi Heryani(1*), Endang Sulistyaniningsih(2), Susilawati Susilawati(3), Martinus Tukiran(4)

(1) Universitas Indraprasta PGRI <br/> Universitas Pakuan
(2) Universitas Indraprasta PGRI <br/> Universitas Pakuan
(3) Universitas Indraprasta PGRI <br/> Universitas Pakuan
(4) Universitas Pakuan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan literasi technopreneurship terhadap minat wirausaha mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Unindra, baik secara partial maupun simultan. Penelitian kuantitatif dengan menyebarkan angket yang berisi 36 item pernyataan terkait self efficacy, literasi technopreneurship, dan minat wirausaha kepada 92 mahasiswa menggunakan purposive sampling. Hasil temuan antara lain: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara self efficacy dan literasi technopreneurship secara simultan terhadap minat wirausaha. Dibuktikan dengan nilai Fhitung 225,970 dengan Sig. 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 83,54% menunjukkan bahwa kontribusi self efficacy dan literasi technopreneurship secara simultan terhadap minat wirausaha sebesar 83,54% sisanya 16,46% karena disebabkan faktor lainnya. 2) terdapat pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap minat wirausaha. Dibuktikan dengan nilai thitung 3,321 dengan Sig. 0,001 < 0,05.  3) terdapat pengaruh yang signifikan literasi technopreneurship terhadap minat wirausaha. Dibuktikan dengan nilai thitung 5,058 dengan Sig. 0,000 < 0,05


Keywords


Self Efficacy; Literasi Technopreneurship; Minat Wirausaha

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ayodya, W.(2011). Siswa Juga Bisa Jadi Pengusaha. Jakarta: Esensi.

Darma, D. Q., Notosudjono, D., & Herfina. (2021). Strengthening Teamwork , Visionary Leadership and Self Effication in Efforts to Improve Teachers Creativity. Psychology and Education, 58(4), 3825–3837.

Farida, S., & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Program Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 273–289. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/10003

Herwin, Mopangga. (2014). Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Trikonomika, 13(1), 78–90.

Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 2017. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676

Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195–207. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2545

Nurmiati, Marbun, L. P. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan. Jurnal Christian Humaniora, 5(1), 47–63.

Rossa, Ayuni, F. L. S. (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Minat Berwirausaha Terhadap Motivasi Untuk Menjadi Young Entrepreneur Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam-UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO, 2(7), 38–42.

S, S. (2018). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pengantar Bisnis Terhadap Motivasi Dan Minat Wirausaha (Study Kasus Mahasiswa Akademi Akuntansi Pgri Jember). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 98. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1755

Saputra, A. D., Rahmatia, A., & Muslimah, M. (2021). How personal factors grow students’ interest in entrepreneurship. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 14(1), 61–76. https://doi.org/10.25105/jmpj.v14i1.8336

Sayuti, I., Tunas, B., & Retnowati, R. (2021). Teacher’s performance improvement through strengthening decision making, learning organizations, and self-efficacy. Science and Education, 2(8). https://cyberleninka.ru/article/n/teacher-s-performance-improvement-through-strengthening-decision-making-learning-organizations-and-self-efficacy

Sriyanta, R. A., Notosudjono, D., & Rubini, B. (2019). The Innovative Improvement through Strengthening Quality of Work Life, Situational Leadership, and Self-Efficacy by Using Scientific Identification Theory of Operation Research in Education Management (SITOREM). International Journal of Managerial Studies and Research, 7(12), 32–39. https://doi.org/10.20431/2349-0349.0712005

Sunarya, T. M. (2017). Universitas Siliwangi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf

Torres, watson, 2011. (2011). jurnal 4- An examination of the relationship between manager. 58(3), 65–87.

Wahjuningsih, T. P., Murtini, & Siswanto, V. A. (2018). Pengaruh mata kuliah technoprenership dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi teckhnoprener pada mahasiswa stmikwidya pratama pekalongan. IC-Tech, 8(1), 56–62.

Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268–283. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3774.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.15052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).