PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH STATISTIK

Adi Permana(1), Ani Interdiana Candra Sari(2*), Suhendra Suhendra(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta <br/> Universitas Pakuan
(2) (Sinta Id: 6178910) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Pakuan
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu pengaruh penerapan media pembelajaran e-learning sebagai upaya peningkatan hasil belajar mata kuliah statistik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model Completely Randomized Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 mahasiswa yang dibagi kedalam dua kelas penelitian. Kelas penelitian pertama melakukan akktifitas kuliah statistik menggunakan media youtube. Kelas penelitian kedua melakukan akktifitas kuliah statistik menggunakan media zoom. Analisis data menggunakan nilai rata-rata hasil belajar pretest dan posttest pada setiap kelas penelitian dan membandingkan rata-rata hasil belajar menggunaan media yotube dan zoom. Data diperoleh dari responden dengan cara memberikan soal tes tulis (essay) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya baik pembelajaran sebelum menggunakan media e-learning (pretest) maupun pembelajaran setelah menggunakan e-learning (posttest). Hasil penelitian menunjukan 1) rata-rata hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran e-learning youtube menunjukan perbedaan yang signifikan; 2) rata-rata hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran e-learning zoom menunjukan perbedaan yang signifikan; 3) rata-rata hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah statistik baik yang menggunakan media youtube maupun yang menggunakan media zoom tidak menunjukan perbedaan yang signifikan


Keywords


Youtube; Zoom; E-learning

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adzima, K. R., & Nabila, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Zoom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Kelas V. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 3011–3020.

Ainia, D. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. J. Filsafat Indones, 3(3), 95–101.

Apsari, R. A., Maulyda, M. A., & Humaira, N. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Media Obrolan Kelompok Multi-Arah sebagai Alternatif Kelas Jarak Jauh. Jurnal Elemen, 6(2), 318–332. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2179

Azis, T. N. (2019). "Strategi pembelajaran era digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj. v3i1.584

Jamilah, M., & Widiyanto, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Terhadap Hasil Belajar PPkn Siswa Kelas IV MI Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20886

Manalu, J. (2022). Program Pendidikan Guru Penggerak : Pijakan Kurikulum Merdeka Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Driving Teacher Education Program : The Foundation Of Freedom. Pendar: Jurnal Pengajaran Dan Riset, 02(01), 34–43.

Najib, M. A., Maunah, B., Sayyid, U., & Tulungagung, A. R. (2022). Inovasi Pendidikan Di Era Digital (Studi Pelaksanaan Pembelajaran Di Jenjang Sd-Smp Kabupaten Tulungagung). TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 1–17.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Riowati, dan N. H. Y. (2022). Peran Guru Penggerak Pada Merdeka Belajar Untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan Di Indonesia. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 1–16.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Uin, M., & Sukarno, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 25 Bengkulu Selatan. XV(1), 94–100.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).