PENGARUH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI PADA MATA KULIAH ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DI UNIVERSITAS PANCA SAKTI BEKASI
(1) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini menilik pengaruh dari pembelajaran dalam jaringan terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam mata kuliah Analisis Laporan Keuangan di Universitas Panca Sakti Bekasi. Penelitian ini berjenis deskriptif asosiatif. Sampel penelitian sebanyak 70 mahasiswa yang dipilih secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Sebelum digunakan untuk penelitian, terlebih dahulu kuesioner diuji validitas dan realiblitasnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran dalam jaringan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi di Universitas Panca Sakti Bekasi. Disarankan untuk meningkat motivasi belajar mahasiswa, maka dibutuhkan pembelajaran dalam jaringan yang interaktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Dan dibutuhkan komunikasi dua arah baik dari dosen dan mahasiswanya
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ardiansyah, Ivan. (2013). Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung-Indonesia.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. 05(02), 11–16. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133
Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom sebagai Pembelajaran Berbasis Online dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. 97–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020 Abstrak
Danaswari, C., & Gafur, A. (2018). Multimedia Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Akuntansi SMA untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar. Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 204–218. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15543
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran (2nd ed.). Yogyakarta: Penerbit Gava
Hamzah, Uno. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hulu, V. T., & Sinaga, T. R. (2019). Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan STATCAL: Sebuah Pengantar untuk Kesehatan (J. Simarmata, Ed.). Yayasan Kita Menulis.
Noor, K. B. N., & Aisyah, M. N. (2018). Development of Interactive Learning Media Based on Computer to Improve Student Learning Motivation. Pendidikan Akuntansi Indonesia , XVI(2), 70–81. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v16i2.22054
Riyana, C. M. P. (2018). Konsep Pembelajaran Online.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (1st, Cetakan ed.). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.14692
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).