Analisis Penilaian Kinerja Guru (PKG) dalam Upayanya Melakukan Penjaminan Mutu Guru di dalam Kelas (StudiPenelitian pada SMA/sederajat Swasta Kec. Pasar Minggu Jakarta Selatan)
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan PKG yang selama ini
dilakukan tidak sesuai dengan ketentuannya. Disamping itu, indikasi ketidak
seriusan sekolah dalam melakukan penjaminan mutu gurunya pun terlihat jelas
ketika ditemukan guru belum mengalami PKG dengan masa abdinya yang lebih
dari 3 tahun. Sementara disisi lainnya, dokumentasi sekolah yang menyatakan
gurunya baik dalam Penilaian Kinerja Guru, dan berstatus tersertifikasi ternyata
tidak sesuai dengan pengamatan peneliti dan hasil wawancara mendalam pada
beberapa siswa mengenai kualitas gurunya tersebut. Sehingga pelaksanaan PKG
ini perlu di evaluasi kembali demi mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik.
Beranjak dari keterbatasan Manajemen Sekolah yang ada, paling tidak dalam
rangka melakukan penjaminan mutu gurunya didalam kelas, pimpinan sekolah
sangat bertanggung jawab atas kemungkinan-kemungkinan kegagalan yang terjadi pada peserta didiknya. Untuk itu, dirasa Pimpinan Sekolah sangat perlu
melakukan kontrol penilaian kinerja guru dengan cara menjadikan siswa sebagai
evaluator dalam Penilaian Kinerja Guru jika PKG yang selama ini dilakukan
belum dianggap kredibel dalam keabsahan informasi datanya.
Kata kunci:penilaian kinerja, mutu guru.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Departemen Pendidikan Nasional, (2006). Undang-Undang Republik Indonesia No 14 tahun 2005 tentang Undang-Undang Guru dan Dosen.
Departemen Pendidikan Nasional, (2008). Penilaian Kinerja Guru. Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, (2010). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Departemen Pendidikan Nasional, (2012). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Kemendibud.
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.
Internet:
http://panduanguru.com/pentingnya-penilaian-kinerja-guru-pkg/
http://biologimediacentre.com
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.1469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).