OPTIMALISASI PEMBELAJARAN IPS DENGAN KUIS HOM PI PAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 16 KOTA BOGOR

Gunarti Sukriyatun(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak:Tujuan setiap pembelajaran adalah mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KKM) dan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Upaya yang dilakukan agar memperoleh hasil belajar yang maksimal, guru harus memiliki kemampuan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kesulitan pokok bahasan yang dipelajari. Guru dituntut untuk memilih model pembelajaran yang tepat seperti pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang konsepnya bersifat abstrak, maka akan lebih cocok jika menggunakan model pembelajaran yang sifatnya kolaboratif. Selain itu, Guru harus bisa memodifikasi metode pembelajaran dengan kegiatan yang lebih mengaktifkan peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus pertama membahas tema "Ketenagakerjaan", data diperoleh dari hasil ulangan, dan penilaian kolaborator/pengamat. Siklus kedua dilaksanakan seperti pada siklus pertama dengan tema yang sama yaitu "Ketenagakerjaan dengan refisi hasil refleksi siklus 1. Dari data hasil penelitian diperoleh kenaikan prestasi belajar dari KBM siklus 1 yaitu rata rata kelas 74,46. Hasil tersebut ada kenaikan nilai ratarata bila dibandingkan dengan pra siklus dengan perolehan nilai rata-ratanya sebesar 64,17. Begitu pula nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus ke 2, ada kenaikan nilai rata-rata dari siklus pertama yaitu menjadi 82,29. Sedangkan pada pengelolaan KBM siklus pertama Guru mendapat persentase skor total 82,50% dengan kategori baik, meningkat di siklus 2 menjadi 98,33% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian ini, membuktikan bahwa penggunaan metode kuis hom pi pah mampu mengoptimalkan pembelajaran sehingga meningkatkan prestasi belajar Peserta Didik.

Kata kunci : KKM, PTK, model pembelajaran, kuis Hom Pi Pah.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Buku:

Amir Tengku Ramly & Erlin Trisyulianti. 2008.Pumping Teacher. Memompa Teknik Pengajaran Terbaik. Bogor: Pumping Publisher.

De Porter, Bobbi & Mike Hernacki.2000. Quantum Teaching. terjemahan Alwiyah Abdurraahman. Bandung : Kaifa.

Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Hamdani, Nizal Alam dan Hermana, Dody. 2008. Classroom Action Research. Bandung : Rahayasa.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperatif Learning di Ruang ruang Kelas. Jakarta: Grassindo.

Internet:

http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2105614-penggunaan-metodekuis-dalam pembelajaran/#ixzz2P67ZxKor

http://id.wikipedia.org/wiki/Hompimpah




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v2i2.1430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).