PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui tentang Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nasyrul Ulum Pandeglang, Banten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode eksperimen. Dalam pelaksanaan penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD, dan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang menggunakanmodel pembelajran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan pembelajaran ceramah atau dengan kata lain bahwa pemberian model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi peserta didik.
Kata kunci : model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), model pembelajaran ceramah, Hasil Belajar Akuntansi.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Amaliah, Dini. 2002. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Iru, La, dkk. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi dan Model-model Pembelajaran. Bantul: Multi Presindo.
Lestari, Sudi, dkk. 2011. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.
Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pusaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v2i1.1423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).