PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 1 KOTA TEBING TINGGI

Uswatun Hasanah Usnur(1*), Neliwati Neliwati(2), Muhammad Rifai(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(2) UIN Sumatera Utara
(3) UIN Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam penerapan manajemen pendidikan karakter yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi menajamen pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan tiga teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang fenomena tersebut. Subjek penelitian ini yaitu Pengelola Rumah Tahfizh, Lembaga Penjamin Mutu dan Yayasan. Analisis data ini dari Miles and Hubermen meliputi: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Teknik Penjamin Keabsahan Data memiliki empat kriteria yaitu: Kredibilitas, Keteralihan, ketergantungan dan Kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) guru SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi juga menggunakan pendekatan-pendekatan seperti Contextual Teaching and Learning, pembelajaran yang kooperatif, serta mengembangkan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, sehingga diharapkan pengetahuan, pengalaman, dan karakter peserta didik dapat berkembang dengan baik; 2) Ada dua faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter, yaitu dari luar dan dari dalam. Faktor dari luar adalah faktor yang berasal dari lingkungan sekitar siswa, pesatnya teknologi yang tidak bisa dibendung di masyarakat, dan kadang bisa berdampak buruk bagi perkembangan kepribadian siswa, seperti adanya tontonan-tontonan yang tidak mendidik di televisi, dan sebagainya; 3) evaluasi pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi menggunakan berbagai cara, yaitu dengan skala sikap untuk mengetahui tindakan peserta didik, pengamatan bertujuan untuk melihat aktifitas peserta didik secara langsung dan evaluasi spontan


Keywords


Manajemen; Pendidikan Karakter; SMK

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aditama, Roni Angger. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. Malang: AE Publishing.

Aqib, Zainal. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Fathurrohman, Pupuh. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Kurniawan, Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: ArRuz Media.

Majalah Sabilillah. (2009). Pendidikan Sabilillah; Sehati Mendidik Membangun Peradaban Umat. Malang: LPIS.

Nurdin, dkk., (2021). Pengantar Manajemen; Teori dan Aplikasi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Revolusi Industri 5.0. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Wijayanto, Dian. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Zaenul. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).