PENGEMBANGAN INSTRUMEN KOMUNIKASI MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP

Nur Alamsyah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Kualifikasi Akademik dan Standar Kompetensi Guru dinyatakan bahwa salah satu kompetensi inti guru adalah menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Memperhatikan tuntutan kompetensi guru pada Permendiknas, dapat diketahui bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki
guru adalah mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses hasil belajar. penelitianini hanya menyajikan pengembangan instrument untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Negri 2 Cibarusah. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Devolepment). Pengembangan instrument tersebut merupakan salah satu langkah dari penelitian yang dilakukan oleh punulis. Instrumen yang dibuat harus valid dan reliabel agar
kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian yang dilakukan bisa digunakan dengan baik. Langkah- langkah pengembangan instrument meliputi: (1) studi literature mengenai komunikasi matematis; (2) membuat kisikisi berdasarkan kurikulum, bahan ajar, indikator kemampuan komunikasi matematis, karakteristik pembelajaran yang digunakan, karakteristik dan kemampuan siswa; (3) penyusunan butirtes; (4) valid asimukadanisi; (5) revisi berdasarkan hasil validasi mukadanisi; (6) uji coba; (7) analisis hasil uji coba.
Setelah dianalisis maka diperoleh hasil berupa seperangkat instrument tes komunikasi matematis yang valid dan reliabel, untuk siswaSekolah Menengah Pertama yang terdiri dari 9 butir soal.
Kata Kunci: komunikasi matematika, instrumen komunikasi matematika, pembelajaran matematika



Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta. 2002.

Astuti dan leonard. 2012. Pengaruh Minat belajar Terhadap Kemampuan KomunikasiMatematika. Jurnal Formatif, Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol.2.No.2. Jakarta: Keluarga Alumni UNINDRA dengan FTMIPA dan LPPM UNINDRA.

Hari Suderadjat. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Bandung: CV. Cipta Cekas Grafika. 2004.

Helmaheri. 2005. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Matematika Peserta didik SLTP Melalui Belajar Dalam Kelompok Kecil Dengan strategi Think Talk Write. Tersedia pada http:// pages your favourite. Com / ppupsi/ abstrakmat 2005. html. Diakses pada tanggal 20 Januari 2015.

Suriasumantri, Jujun S. 2005. Filsafat Ilmu Sebuah Penghantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara,

Safari. 2004. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v2i1.1421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).