PELAKSANAAN RENCANA STRATEGIK DALAM PENINGKATAN IKLIM SEKOLAH DI MAS AL WASHLIYAH 49 DESA PASAR LEMBU KABUPATEN ASAHAN

Samsir Damanik(1*), Amiruddin Siahaan(2), Neliwati Neliwati(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(2) UIN Sumatera Utara
(3) UIN Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk menentukan Gaya kepimpinan dan Pelaksanaan Rencana Strategik yang dilaksanakan oleh Kepala Madrasah tentang kemudahan dan kurikulum dalam meningkatkan iklim sekolah di Madrasah di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 49 Pasar Lembu, Kabupaten Asahan. Kajian ini menggunakan pendekatan kajian kualitatif dengan apendekatan deskriptif dalam bentuk perkataan, gambar dan bukan nombor. Di samping itu, semua yang dikumpul mungkin menjadi kunci kepada apa yang telah dikaji. Hasil kajian ini menunjukkan; 1) Rencana strategik yang dijalankan oleh ketua madrasah dalam mewujudkan iklim positif di MAS Al Washliyah 49 Pasar Lembu dalam bidang infrastruktur dilaksanakan melalui pengurusan infrastruktur yang baik. Pengurusan infrastruktur ini meliputi perolehan kemudahan infrastruktur, penyelenggaraan kemudahan infrastruktur, dan penghapusan infrastruktur sekolah. 2) Rencana strategik yang dijalankan oleh Ketua Madrasah dalam mewujudkan iklim positif di MAS Al Washliyah 49 Pasar Lembu adalah dalam bidang kurikulum, bermula daripada penyebaran visi dan misi kepada kedua ibu bapa dan guru. Supaya jelas hala tuju yang hendak dicapai dan bagaimana kurikulum itu akan digunakan nanti. Dalam hal ini, MAS Al Washliyah 49 Pasar Lembu menerapkan kurikulum 2013. Dalam membuat keputusan seiring dengan pelaksanaan kurikulum di MAS Al Washliyah 49 Pasar Lembu, dilakukan secara musyawarah. 3) Gaya kepimpinan Madrasah dalam mewujudkan iklim sekolah yang positif di Madrasah Aliyah Al Washliyah 49 Pasar Lembu adalah demokratik  

Keywords


Rencana Strategik; Iklim Sekolah; Desa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Darmastuti, Hajeng. (2014). Manajemen Sarana Prasarana dalam Upaya peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Jurusan Teknik Komputer dan Informatika di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 3(3).

Edi, S. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berdasarkan Analisis SWOT di Sekolah Menengah Pertama, Jurnal Manajemen Pendidikan, 4 (1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta.

Martin, Nurhattati Fuad. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marzuki, A. (2017). Model-model Pembelajaran PAI Inovatif dan Kontekstual. Tarbiyah, 1,(1).

Nahrowi .(2017). Perencanaan Strategis dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 53-64.

Paizal, Irfan dkk. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Iklim di MA PP Al Ikhlas Ujung Bone, Jounal of education management, 6 (2).

Siahaan, Amiruddin & Rustam, dkk. (2016). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Medan: LPPPI Press.

Siahaan, Amiruddin. (2021). Manajemen Sarana Prasarana di SMAN 1 Serbajadi Kabupaten Serdang Bedagai, BenchmarkingJurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (2).

Sinta, Ike Malaya. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Isema: Jurnal Islamic Education Manajemen 4(1) 77-92

Syafaruddin. (2021). Penyusunan Rencana Strategis dalam Pengembangan Budaya Mutu Pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh H. Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai. Edukasi Islami:Jurnal Pendidikan Islam, 10 (1).

Syukri, Makmur dkk. (2021). Implementasi Bentuk Komunikasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insan Batang Kuis. Benchmarking, 5 (2).

Wahyuningrum. (2008). Peranan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim Sekolah di Era Otonomi Sekolah (Suatu Kajian Manajerial). Jurnal Manajemen Pendidikan UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).