KAJIAN INTERDISIPLIONER: ETIKA BERILMU DALAM PERSPEKTIF GURU DAN MURID

Dian Silvia Rozza(1*), Abdul Haris(2), Syamsul Rizal Yazid(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat dipengaruhi oleh keberagaman kebutuhan manusia. Ilmu pengetahuan menjadi solusi untuk mengatasi tuntutan dan problematika kehidupan yang dialami tanpa melanggar nilai-nilai etis yang berlaku. Namun, perilaku menyimpang (social deviance) telah menyebar secara luas dan berdampak pada degradasi moral di lingkungan masyarakat. Dengan ini diperlukan solusi mendasar yang dilakukan untuk mengurangi krusialnya degradasi moral yaitu dengan pembelajaran tentang etika berilmu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana etika menuntut ilmu bagi murid dan guru dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan. Adapun sumber data diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan keutamaan menuntut ilmu dan etika berilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika berilmu menjadi dasar bagi manusia agar mampu menangkal dampak buruk dari tidak terpenuhinya kebutuhan yang semakin kompleks. Seorang guru harus menanamkan kedalam dirinya bahwa mengajar semata-mata untuk mencari ridha Allah. Sedangkan murid ketika belajar harus menyucikan hati, mempelajari ilmu dari guru yang tepat, dan memuliakan guru

 


Keywords


Etika; Guru; Murid; Islam

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arliman, L., Arif, E., & Sarmiati. (2022). Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Degradasi Moral Komunikasi Keluarga. Ensiklopeida of Journal, 4(2), 143–149.

Fitri, S. F. N. & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Mencegah Degradasi Moral. Ensiklopeia of Journal, 3(3), 96–102.

Hamdani. (2020). Aksiologi Ilmu Pengetahuan Dan Keislaman (Interkoneksi Nilai-Nilai Keislaman) Oleh. Al-Ibrah, 4(2), 25–45.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode (Edisi Ke-1). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Hidayat, A. (2021). Buku Catatan Penuntut Ilmu. Bekasi: Quantum Akhyar Institute (QAI).

Idi, A., & Sahrodi, J. (2017). Moralitas Sosial dan Peranan Pendidikan Agama. Intizar, 23(1), 1. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1316

Junaidi. (2019). Urgensitas Ilmu Menurut Konsep Islam. At- Tarbawi, 10(2), 51. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v10i2.831

Khasanah, W. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam. Jurnal Riset Agama, 1(2), 296–307. https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14568

Muktapa, M. I. (2021). Implikasi Filsafat Ilmu dan Etika Keilmuan dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Modern. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(2), 20–29. https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i2.73

Naimah. (2018). Etika Peserta Didik Dalam Perspektif Al-Quran. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Padangsidimpuan.

Prihantoro, H. (2020). Adabul ’Alim Wal Muta’alim Wa Adab Al-Mufti Wa Al-Mustafti : Imam Nawawi. Jakarta: Diva Press.

Puspitasari, S. (2021). Pentingnya Realisasi Bela Negara Terhadap Generasi Muda Sebagai Bentuk Cinta Tanah Air. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(1), 72–79. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i1.43

Romzi, M. (2012). Ulama dalam Perspektif Nahdlatul Ulama. RELIGIÓ: Jurnal Studi Agama-Agama (UIN Sunan Ampel Surabaya), 2(1), 40–58.

Roni, M., & Anzaikhan, M. (2021). Pembentukan Keluarga Shaleh Dalam Komunikasi Islam: Studi Komparasi Penafsiran Al-Qur’an. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 12(1), 51–61. https://doi.org/10.32505/hikmah.v12i1.2825

Rozza, D. S., & Romelah. (2022). Pembelajaran Al-Qur’an Pada Program Madrasah Santri Spesial Ramadhan Di Iit Rabbani Bengkulu. RDJE, 8(1), 293–301.

Trisno, B. (2022). Social Movement Berbasis Islam (Studi Tentang Gerakan Sosial Melawan Degradasi Moral di Era Pendidikan Berbasis Digital pada Remaja). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1274–1280. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2117

Ustadzi, A. H. (2020). Jihad Intelektual Generasi Milenial: Muqobalah QS. At Taubah Ayat 122 dan Pesan Perdamaian dalam Syair Al Jihad Wal-Ijtihad Karya KH. Saaduddin Annasih, Lc., M.Pd. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.33650/at-turas.v7i1.991

Zarkasyi, H. F. (2020). Minhaj: Berislam, dari Ritual hingga Intelektual (Pertama). Jakarta: INSISTS.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).