IMPLIKASI KECERDASAN INTERPERSONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Kanaria Herwati(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS pada
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Jakarta Selatan, metode yang digunakan
adalah metode survei dengan cara menyebarkan angket pada siswa kelas XI SMK
Negeri Jakarta Selatan . Analisis data yang digunakan yaitu dengan mengunakan
teknik regresi ganda. Dari hasil penelitian terdapat pengaruh secara simultan
kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS pada
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Jakarta Selatan.

Kata kunci: kecerdasan interpersonal, motivasi belajar, prestasi belajar IPS.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anderson. 2005.Introduction to Communication Theory and Practice. Cumming Public Company.Philippines.

Arnie Fajar. 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS.Remaja Rosdakarya.

Bandung.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Gardner, Howard. 2003. Multiple intellegences: The theory in prcice. Basic

Books. New York.

Hidayati. 2004. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. IKIP

Yogyakarta. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.1407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).