PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIKIH MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS ADDIE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Abd. Rohman(1*), Asep Saepul Hamdani(2), Irma Soraya(3)

(1) UIN Sunan Ampel Surabaya
(2) UIN Sunan Ampel Surabaya
(3) UIN Sunan Ampel Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengembangkan model blended learning berbasis ADDIE pada mata pelajaran fikih untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model blended learning berdasarkan ADDIE dan dibagi menjadi lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pada tahap awal, peneliti melakukan studi literatur dan lapangan, mengembangkan desain dan rencana, serta mengembangkan melalui produksi model dan media pembelajaran, termasuk slideshow, flowchart, dan storyboard. Kemudian dilakukan pengujian terhadap siswa, dan terakhir dilakukan evaluasi, produk yang dihasilkan divalidasi oleh guru mata pelajaran sebagai ahli materi dan 3 ahli media dan presentasi untuk menilai kelayakan model pembelajaran dan laporan. Hasil penelitian dan pengembangan model blended learningpembelajaran fikih dikembangkan dengan pengembangan ADDIE dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dan lapangan, dilanjutkan dengan angket untuk analisis deskriptif oleh validator yang menunjukkan bahwa produk pengembangan sangat persentase kelayakan 90% dan ahli material dinyatakan sangat layak digunakan

 


Keywords


Pembelajaran Fikih; Blended learning; ADDIE

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alfilail, S. N., Vhalery, R., & Robbani, H. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang “Pembelajaran Jarak Jauh”(PJJ) dan Pengaruhnya di Masa Pandemi. INTELEKTIUM, 3(1), 16-21.

Emzir (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Husamah (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang: Prestasi Pustaka.

Robbani, H., Vhalery, R., & Rachmania, A. (2022). The Influence of" Google Meet" Online Learning on Students' Learning Interest and Motivation. FOCUS, 3(1), 64-70.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vhalery, R., Alfilail, S. N., Robbani, H., & Hia, L. N. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Online Google Classroom pada Minat dan Motivasi Belajar. Intelektium, 2(1), 28-36.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Alfilail, S. N. (2021). Pembelajaran Berbasis Online “Zoom” Pada Kesiapan Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 7(1), 215-225.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).