STUDI PENDAHULUAN PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BERDASARKAN KERAGAMAN NEPHENTHES DI HUTAN KOTA TARAKAN KALIMANTAN UTARA

Fitri Wijarini(1*)

(1) Borneo Tarakan University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui keragaman jenis nephenthes yang ada di Hutan Pertamina Juata Tarakan, Kalimantan Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan Borg And Gall. Tahap Research dilakukan dengan mengumpulkan data tentang keragaman nephenthes yang terdapat di 9 Hutan Kota Tarakan. Pendekatan yang digunakan tahap ini adalah pendekatan eksploratif. Penelitian dilakukan dengan melakukan eksplorasi keragaman nephenthes di 9 hutan yang terdapat di Kota Tarakan. Namun, data hasil penelitian yang disajikan dalam artikel ini merupakan data hasil penelitian yang dilakukan di Hutan Pertamina Tarakan.  Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa dokumentasi, dan lembar identifikasi nephenthes. Metode pengambilan data dilakukan dengan metode petak dan jelajah. Berdasarkan hasil penelitian,diperoleh 4 jenis nephenthes yang ditemukan, yaitu: N. ampullaria, N. raflessiana, N. gracillis, dan N. xhookeriana. Data hasil penelitian ini kemudian digunakan sebagai data awal untuk mengembangkan produk berupa ensiklopedia nephenthes. Ensiklopedia nephenthes yang dikembangkan dan digunakan sebagai sumber belajar mata kuliah Ekologi Tumbuhan


Keywords


Keragaman; Nephenthes; Ensiklopedia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amanda, M.S, Astiani D, & Abdurrani. (2019). Keanekaragaman Jenis Kantong Semar (Nepenthes sp.) Di Tutupan Lahan Semak Belukar dan Hutan Sekunder Dusun Gemuruh Kecamatan Selakau Timur Kabupaten Sambas. Jurnal Hutan Lestari, 7(2),844-856.

Jefri, W, Rafdinal, & Turnip, M. (2017). Keanekaragaman Jenis Kantong Semar (Nephenthes spp) di Kawasan Pelestarian Plasma Nutfah (KPPN) PT Muara Sungai Lanak Kabupaten Mempawah. Protobiont, 6(3), 42-50.

Mansur, Muhammad. (2007). Keanekaragaman Jenis Nepenthes (Kantong Semar) Dataran Rendah Di Kalimantan Tengah. Berita Biologi:Jurnal Ilmiah Nasional LIPI, 8(5), 335-341.

Nurhadi, A.,Linda, R.,& Mukarlina. (2018). Keanekaragaman Jenis Kantong Semar (Nepenthes spp.) di Kawasan Taman Wisata Alam Baning Kabupaten Sintang Kalimantan Barat. Jurnal Protobiont, 7(3), 111-117.

Rizki, M., Wardana, V,M, Mawardin, & Sunariyati,S.(2021). Diversity of Semar Pockets (Nephentes sp) at Palngkaraya University. Bioeduscience, 5(2), 159-165.

Sartika,Setiawan,A., & Master, J. (2017). Populasi dan Pola Penyebaran Kantong SEmar (Nephenthes gracillis) Di Ridho Camp Resort Sukaraja Atas Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan(TNBBS). Jurnal Sylva Lestari, Vol. 5(3), 12-21.

Septiani, O, Herawatiningsih, R, & Manurung, T,F. (2018). Keanekaragaman Jenis Kantong Semar dalam Kawasan Hutan Taman Industri PT. Bhatara Alam Lestari Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Hutan Lestari, 6(4), 733-741.

Tarigan, M,R,M.,& Ritonga,Y,E. (2020). Eksplorasi dan Karakterisasi Kantong Semar (Nephenthes sp)Di Kawasan Hutan Jalan Merek- Sidikalang, Lae Pondom, Merek, Kabupaten Karo. Jurnal Biolokus, 3 (1), 252-258.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).