PENERAPAN KREATIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGGUNAKAN MEDIA STICK ES CREAM DI MIS AZ-ZUHRI TANJUNG MORAWA

Haidir Haidir(1*), Nirwana Anas(2), Dandi Irawan(3), Siti Nurhalizah(4), Sitti Isni Azzaah(5), Titik Ningsih(6)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(4) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(5) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(6) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Kreativitas guru sebagai upaya untuk menghasilkan kualitas pembelajaran dan pendidikan yang lebih baik. Guru dituntut tidak hanya mampu menguasai materi pengajaran dan pembelajaran saja. Akan tetapi, guru juga harus dapat memhami sejumlah model dan desain pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak terdapat beberapa aktifitas yang dilakukan oleh guru akidah akhlak. Diantaranya yaitu; guru menyiapkan bahan ajar seperti RPP, metode mengajar yang bervariatif, dan pemanfaatan media pembelajaran. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak melalui kreativitas guru mengajar di MIS Az-Zuhri Tanjung Morawa berdampak pada motivasi belajar siswa yang terus meningkat dengan menggunakan media pembelajaran sebagai alat untuk mendorong semangat dan minat belajar siswa di sekolah. Oleh karena itu, sarana dan prasarana, serta metode yang digunakan juga sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menerima pembelajaran di kelas. Utnuk itu pentingnya seorang guru memiliki kemampuan dalam mengelola dan mengembangkan media pembelajaran menjadi media yang bervariasi dan inovasi guna menjadi daya tarik bagi siswa dalam belajar

Keywords


Kreativitas; Guru; Kreativitas Guru; Media

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Nashori, Fuad & Mucharam, Rachmy Diana. (2002). Mengembangkan Kraetivitas dalam Perspektif Psikologi Islam. Yogyakarta: Menara Kudus.

Pendidikan Nasional. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Guruan Agama Islam SMP & MTS. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitang Depdiknas.

Salim & Syahrum. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).