EFEKTIFITAS PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH (STUDI KASUS PADA SDN 03 PAGI CIRACAS)

Fadjriah Hapsari(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Ciracas, pada kelas IV yang terdiri
dari 2 kelas. Setiap kelas berjumlah 36 dan 39 peserta didik, dimana peserta didik
pada kelas tersebut mengalami perubahan kurikulum. Dari hasil penelitian
diperoleh hasil bahwa, untuk kategori 1 (kemampuan peserta didik mengikuti
kegiatan pembelajaran dengan kurikulum 2013) diperoleh hasil sebagai berikut:
sebanyak 38 peserta didik sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran, sebanyak 30
peserta didik cukup aktif dalam kegiatan pembelajaran sedangkan sisanya 7
peserta didik tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk kategori 2
(kemampuan peserta didik dalam memanfaatkan media pembelajaran pada
kurikulum 2013) diperoleh hasil sebagai berikut: sebanyak 40 peserta didik cukup
terbiasa dengan media pembelajaran kurikulum 2013, sedangkan sisanya
sebanyak 35 peserta didik mengalami kesulitan dengan media pembelajaran pada
kurikulum 2013. Untuk kategori 3 (kemampuan peserta didik dalam memahami
materi pelajaran dengan kurikulum 2013) diperoleh hasil sebagai berikut:
sebanyak 56 peserta didik memiliki cukup memahami materi pelajaran dengan
kurikulum 2013, sedangkan sisanya sebanyak 19 peserta didik kurang memahami
materi pelajaran dengan kurikulum 2013. Untuk kategori 4 (tingkat
ketergantungan peserta didik terhadap Guru dalam pembelajaran dengan
kurikulum 2013) diperoleh hasil sebagai berikut: sebanyak 21 peserta didik masih
tinggi ketergantungannya dengan Guru dalam pembelajaran, sebanyak 30 peserta
didik memiliki tingkat ketergantungan yang sedang terhadap Guru dalam kegiatan
pembelajaran, sedangkan sisanya 24 peserta didik sudah bisa melakukan kegiatan
pembelajaran mandiri sesuai dengan tuntutan dari kurikulum 2013.
Kata kunci: perubahan kurikulum, pembelajaran


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi KTSP. Rajawali Press.Jakarta.

Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Rosda. Bandung.

Yamin, Moh. 2012. Panduan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Diva

Press. Jogjakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.1376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).