PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MENGAJAR GURU
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak:Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah ingin memperoleh
jawaban secara empirik tentang hubungan yang signifikan antara penerapan
metode pembelajaran mind mapping dengan peningkatan motivasi mengajar guru.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan
korelasional. Pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara penerapan model mind mapping dengan motivasi mengajar guru
Sekolah Yayasan Darussalam yang ditunjukkan oleh besarnya thitung sebesar 3,75
> ttabel2,121 pada taraf signifikan 0,05.
Kata kunci: mind mapping, motivasi
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anang. 2010. One Minute Before Teaching. Alfabeta. Bandung.
.............Depdiknas. 2004. ModelPembelajaran Matematika.Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan
Sistem.Bumi Aksara. Jakarta.
.2008. Proses BelajarMengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran
Matematika.Cetakan I. Universitas Negeri Malang (UM Press). Malang.
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif
dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Partini, Siti dan Rosita E.K. 2002. Pembelajaran Modul Mata Kuliah Pengantar
Ilmu Pendidikan. FIPUNY. Yogyakarta.
Research and Development Journal Of Education
Vol. 1 No.01. Oktober 2014 ISSN 2406-9744
..............Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan.
Sardiman, A.M, 2006. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Grasindo
Pusada. Jakarta.
. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Rajawali Press.
Jakarta.
Suherman, Erman dkk. 2001. Srategi Belajar Mengajar Kontemporer. JICA.
Bandung.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.
Remaja Rosdakarya. Bandung.
Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum
Pembelajaran. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Usman, Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung.
.............Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
Wartana, Eka. 2012. Mind Web Konsep Berpikir Tanpa Mikir. Gramedia Pustaka
Utama. Jakarta.
Windura, Sutanto. 2013. Mind Map, Teknik Berpikir & Belajar Sesuai Cara Kerja
Alami Otak. Elex Media Komputindo. Jakarta.
. 2008. Mind Map Langkah Demi Langkah. Elex Media Komputindo.
Jakarta.
Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Media Abadi. Yogyakarta.
Inter Net:
http://gurulia.wordpress.com/2009/03/25/pengertian-pembelajaran/. Diakses pada
tanggal 4Maret 2009.
(http://digilib.unnes.ac.id/).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.1373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).