PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MENGAJAR GURU

Dini Amaliah
Deta Muliyani
Nuraeni Nuraeni

Abstract


Abstrak:Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah ingin memperoleh
jawaban secara empirik tentang hubungan yang signifikan antara penerapan
metode pembelajaran mind mapping dengan peningkatan motivasi mengajar guru.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan
korelasional. Pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara penerapan model mind mapping dengan motivasi mengajar guru
Sekolah Yayasan Darussalam yang ditunjukkan oleh besarnya thitung sebesar 3,75
> ttabel2,121 pada taraf signifikan 0,05.
Kata kunci: mind mapping, motivasi


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anang. 2010. One Minute Before Teaching. Alfabeta. Bandung.

.............Depdiknas. 2004. ModelPembelajaran Matematika.Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan

Sistem.Bumi Aksara. Jakarta.

.2008. Proses BelajarMengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran

Matematika.Cetakan I. Universitas Negeri Malang (UM Press). Malang.

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif

dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Partini, Siti dan Rosita E.K. 2002. Pembelajaran Modul Mata Kuliah Pengantar

Ilmu Pendidikan. FIPUNY. Yogyakarta.

Research and Development Journal Of Education

Vol. 1 No.01. Oktober 2014 ISSN 2406-9744

..............Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional

Pendidikan.

Sardiman, A.M, 2006. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Grasindo

Pusada. Jakarta.

. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Rajawali Press.

Jakarta.

Suherman, Erman dkk. 2001. Srategi Belajar Mengajar Kontemporer. JICA.

Bandung.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.

Remaja Rosdakarya. Bandung.

Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum

Pembelajaran. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Usman, Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung.

.............Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Wartana, Eka. 2012. Mind Web Konsep Berpikir Tanpa Mikir. Gramedia Pustaka

Utama. Jakarta.

Windura, Sutanto. 2013. Mind Map, Teknik Berpikir & Belajar Sesuai Cara Kerja

Alami Otak. Elex Media Komputindo. Jakarta.

. 2008. Mind Map Langkah Demi Langkah. Elex Media Komputindo.

Jakarta.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Media Abadi. Yogyakarta.

Inter Net:

http://gurulia.wordpress.com/2009/03/25/pengertian-pembelajaran/. Diakses pada

tanggal 4Maret 2009.

(http://digilib.unnes.ac.id/).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.1373

Article metrics

Abstract views : 7 | Full Text views : 47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).