PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MENGGUNAKAN MAZE CHASE-WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD

Adha Yusrika Widianti(1*), Prima Mutia Sari(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Riset ini bermaksud guna meningkatkan LKPD berlandaskan Keterampilan Berpikir Kreatif menggunakan Maze Chase-Wordwall pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Data yang dikumpulkan adalah kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli bahan ajar/LKPD, serta uji coba dilakukan oleh 1 guru kelas IV dan 35 peserta didik. Menurut hasil validasi dari ahli materi didapat persentase 74% dengan predikat layak dan hasil validasi dari ahli bahan ajar/LKPD didapat persentase 90% dengan predikat sangat layak. Uji coba pada guru kelas IV menghasilkan 100% predikat sangat baik dan hasil uji coba pada peserta didik kelas IV menghasilkan 93% predikat sangat baik. Menurut hasil data yang didapat memperlihatkan bahwa Pengembangan LKPD berlandaskan Keterampilan Berpikir Kreatif memakai Maze Chase-Wordwall pada Pembelajaran IPA Kelas IV materi Sumber Energi Alternatif sangat layak digunakan oleh peserta didik kelas IV SD


Keywords


LKPD; Berpikir Kreatif; Wordwall; IPA

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ariani, Desi dan Ida Meutiawati. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning pada materi kalor di SMP. Jurnal Phi, 1(3), 13–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6477

Febrianti, Yeyen, Djahir, Yulia, & Fatimah, Siti. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit, 3, 121–127.

Haryanti, Yuyun Dwi dan Dudu Suhandi Saputra. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 58–64. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350

Karina, Dina, Yulita, Inelda, & Ramdhani, Eka Putra. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Kimia (ULTAKIM) Berbasis Kemaritiman Pada Materi Hakikat Ilmu Kimia. Jurnal Zarah, 7(1), 13–16.

Khairunisa, Yuyun. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze chase–Wordwall sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas. Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(1), 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254

Lase, Delipiter. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Lathifah, Miqro Fajari;, & Hidayat, Baiq Nunung; Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30. https://doi.org/https://doi.org/10.2930/jpmpi.v3i2.668

Mu’min, Sitti Aisyah. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Junal Al-Ta’dib, 6(1), 89–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.292

Nadifatinisa, Nur. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344–351.

Oktariyanti, Dinatia; Aren Frima ;. Riduan Febriandi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi WordwallTema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093–4100. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490

Panggabean, Fernando, Simanjuntak, mariati p, Florenza, Mia, Sinaga, Lastama, & Rahmadani, Sri. (2020). Analisis Peran Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Smp. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Ipa Indonesia (JPPIPAI), 2(2), 7–12.

Prasetyo, Banu dan Umi Trisyanti. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 22–27. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417

Purnama, Sigit. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Untuk Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang: STAIA Press.

Rahayuningsi, Dwi Indah dan Waspodo Tjipto Subroto. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 4(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p726-733

Rizki, Fitri; Indra Gunawan dan Amirudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Solving Menggunakan Lectora Inspire. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 03, 79–86. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5059

Sari, Prima Mutia, & Yarza, Husnin Nahry. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4 (April), 195–199. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Septikasari, Resti dan Rendy Nugraha Frasandy. (2018). Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8, 107–117.

Sun’iyah, Siti Lathifatus. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1–18.

Tendrita, Miswandi, Mahanal, Susriyati, & Zubaidah, Siti. (2016). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Remap Think Pair Share. Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 13(1), 285–291.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).