MODEL PENGEMBANGAN PARENTING ISLAMI PADA ASPEK KETERAMPILAN HIDUP (LIFE SKILL) UNTUK ANAK USIA 4 – 6 TAHUN

Zulfitri Yanti(1*), Masganti Sitorus(2), Khadijah Khadijah(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini Aspek Keterampilan Hidup; 2) Langkah-langkah pengembangan Buku Panduan Orangtua model Parenting Islam pada Aspek Keterampilan Hidup; 3) Pelaksanaan Parenting Islami pada Aspek Keterampilan Hidup dengan menggunakan buku panduan orangtua; 4) Tanggapan peserta terhadap modul Parenting Islami pada Aspek Keterampilan Hidup; dan 5) Hasil evaluasi kegiatan Parenting Islami dengan menggunakan buku panduan orangtua. Metode digunakan adalah penelitian (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan; 1) Pelaksanaan Parenting Islami sebelum penelitian sebenarnya sudah ada namun tidak begitu focus dan mendetail pada pembahasan tentang keterampilan hidup anak, akan tetapi lebih focus pada pembelajaran tahfiz alquran yaitu membahas tentang hapalan-hapalan suroh, lagu, tajwid dan tata cara mengajari anak membaca alquran; 2) Langkah-langkah pengembangan Panduan Orangtua Model Parenting Islam di Ra. Al-Hikmah dilakukan dengan merujuk pada 10 langkah (research and development); 3) Pelaksanaan Parenting Islami dengan menggunakan buku panduan orangtua dilakukan di Ra. Al-Hikmah dengan tiga tahap yaitu tahap uji coba terbatas, uji coba lebih luas dan uji kelayakan model; 4) tanggapan peserta terhadap modul Parenting Islami di Ra. Al-Hikmah yaitu : sangat membantu pada aspek keterampilan hidup anak sehari-hari, sebagai panduan bagi orangtua untuk mendidik anak dalam hal keterampilan hidup untuk anak usia 4-6 tahun serta sebagai pengetahuan pada orangtua untuk melatih anak supaya hidup terampil didalam lingkungan sekitarnya sehingga bermanfaat untuk kehidupannya kelak; dan 5) hasil evaluasi pada pengetahuan, sikap dan keterampilan orangtua setelah mengikuti kegiatan Paarenting Islam dengan menggunakan buku panduan orangtua di Ra. Al-Hikmah menunjukkan perubahan yang signifikan

 


Keywords


Model Parenting Islami; Keterampilan Hidup; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amini, M. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini., 5(2), 2101–2113.

Chusniatun, Prihartanti & Nanik, A. Q. (2015). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Jurnal Indigenous, 13.

Erica, D. (2016). Penerapan Parenting Pada Perkembangan Anak Usia Dini Menurut Sudut Pandang Islam. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 16(2).

Jazariya. (2017). Signifikansi Brain Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11.

Juhri, Nirmala, I., & Imroatun. (2019). Kajian Literatur Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Islam. A?-?iby?n Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4.

Mila, K. & Umi, M. G. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga. Tematik. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Nafi’, M. A. (2014). Model Pengembangan Life Skill Di Pondok Pesantren Al-Mas’udiyyah Jimbaran Bandungan Semarang.

Qusyairi, A. & Lalu, H. (2019). Studi Tentang Penerapan Smart Parenting Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial.

Sri, N., Rihatno, Y., & Taufik. (2017). Pengembangan Model Kemitraan Sekolah Dan Orangtua Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Syamsu. S. (2017). Pengaruh Program Parenting Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Pada Paud Paramata Bunda Kota Palopo). Palita. Journal Of Social-Religion Research, 2(2).

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Walter, R., Joyce, P., Borg, M. D., & Gall, G. (2003). Educational Research, An Introduction (Seventh Ed).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).