ANALISIS PROBLEMATIKA DAN SOLUSI ATAS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Syamsurizal Yazid(1), Eka Firmansyah(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan upaya untuk mewujudkan cita-cita negara. Namun kini globalisasi tidak hanya mencerdaskan kehidupan masyarakat, tetapi telah mengubah fungsi pendidikan di mana generasi harus memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan serta memiliki moral. Didalam proses pendidikan kita mengenal satu hal penting yang tidak bisa disepelehkan karena perannya yang sangat besar yaitu kegiatan belajar. Yang kegiatan belajar adalah suatu aktivitas yang bertujuan. Selain itu yang sangat berkaitan dengan belajar ini ialah persoalan motivasi, karena Dibalik aktivitas manusia terdapat suatu kondisi tertentu yang menjadi dasar aktivitas tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, yaitu dengan mengkaji literature-literatur yang berkaitan dengan problematika motivasi belajar, yang dari kajian ini ditemukan bahwasanya, Jika kita melihat dari pandangan Islam, maka setiap penganutnya dianjurkan mimiliki motivasi belajar yang baik, sehingga demikian itu akan membuat ilmu pengetahuan lebih mudah diperoleh para penganutnya. Mengenai menjaga motivasi anak didik maka guru harus menggairahkan. Dalam kegiatan setiap hari, guru mestinya mampu menghindari hal-hal yang membosankan peserta didiknya. guru harus mampu menyajikan banyak hal yang bisa dipikirkan dan dilaksanakan


Keywords


Problematika Pendidikan; Solusi; Motivasi Belajar; Pendidikan Islam

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Addakhil, M. I. J. (2019). Problematika Pengembangan Kurikulum. 9(1).

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 25.

Amseke, F. V. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65.

Arianti. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajran. Lantanida Journal, 5(2).

Handoko, H. P. (2020). Layanan Bimbingan Konseling Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Kota Metro. Jurnal Dewantara, 9(1), 69.

Harmalis. (2019). Motivasi Belajar dalam Perspektif Islam. Journal of Counseling & Development, 01(01).

Heldrianto, B. (2013). Penyebab rendahnya tingkat pendidikan anak putus sekolah dalam program wajib belajar 9 tahun desa sungai kakap kecamatan sungai kakap kabupaten kubu raya. http://jurmafis.untan.ac.id

Hidayatullah, A. (2017). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1). https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785

Iqbal, A. M. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Laila, Y., & Ilyas, A. (2019). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar di SMA Adabiah Padang. Neo Konseling, 1(2).

Marisa, C. (2020). Gambaran Motivasi Belajar pada Siswa Generasi Z dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 17(2).

Moslem. (2019). Faktor-faktor yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2).

Pasiska. (2019). Epistimologi Metode Pendidikan Islam ibnu Khaldun. XVII(2), 141.

Purwadi, P. (2019). Peranan dukungan sosial dan self esteem dalam meningkatkan motivasi belajar.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 74.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).