TIPOLOGI MANAJEMEN TRADISIONAL DAN MODERN DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN PESANTREN

Tobroni Tobroni(1), Eka Firmansyah(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian tentang manajemen pesanten sangat penting agar pesantren dapat terus meningkat mutu dan relevansinya di era turbulensi seperti sekarang ini. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui tipologi manajemen antara manajemen tradisional dan manajemen modern yang terjadi dalam perkembangan pendidikan pesantren. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kepustakaan, dimana peneliti mengumpulkan berbagai literatur yang membahas mengenai persoalan yang akan dibahas dan kemudian menarik pembahasan dari sudut lainnya sesuai yang diinginkan. Dari hasil penelitian kami ditemukan bahwasanya bagi pendidikan pesantren yang didalamnya masih banyak mewarisi budaya-budaya khas untuk tetap mengikuti perkembangan dengan melakukan berbagai inovasi dalam manajemennya agar tetap bisa bersaing dan bertahan ataupun lebih unggul dengan pendidikan-pendidikan modern lainnya di era saat ini. Apabila pesantren tidak melakukan inovasi dalam system pendidikannya termasuk di bidang manajerial, akan kehilangan elan vitalnya dan akan ditinggalkan oleh masyarakat. Padahal keberadaan pesantren sebagai produsen sumberdaya manusia di bidang keagamaan dan penjaga moral masyarakat masih sangat diperlukan dan bahkan diharapkan dapat lebih unggul dari system Pendidikan modern. Bahkan diharapkan pendidikan pesantren bukan hanya bisa sekedar bertahan saja melainkan bisa mengungguli pendidikan-pendidikan lain di era yang sangat berkembang ini


Keywords


Tipologi Manajemen; Perkembangan Pendidikan; Pendidikan Pesantren

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Addakhil, M. I. J. (2019). Problematika Pengembangan Kurikulum. 9(1).

Anugrah, A. (2022). Tipologi Manajemen Tradisional dan Modern dan Klasifikasinya dalam Manajemen Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization, 3(1).

Izzati, A. & Rahmadi. (2022). Model-model manajemen dalam pendidikan.

Na’im. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Purnamasari, N. I. (2016). Konstruksi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional Di Era Global; Paradoks Dan Relevansi. EL-BANAT: , 6(2), 73-91. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2), 73–91.

Romlah. (2016). Manajemen Pendidikan Islam. Bandar Lampung: Harakindo Publishing.

Usman. (2014). Manajemen, Teori,Praktik,dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Usman. (2022). Kebijakan Sentralisasi Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Media Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Universitas Nurul Jadid.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).