PENERAPAN QUDWAH HASANAH GURU MI NURUSSALAM NGAWI MELALUI PENDIDIKAN PROFETIK

Ahmad Hidayatullah Zarkasyi(1), Silvi Anggraini(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Darussalam Gontor
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru yaitu orang yang digugu dan ditiru segala tindak tanduknya, guru sebagai Qudwah Hasanah ditintut untuk memiliki sikap dan perilaku yang baik. Hal tersebut menjadi sangat sensitif dan sangat penting apabila yang menilai, memperhatikan dan meniru adalah peserta didik taraf MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan qudwah hasanah bagi guru melalui pendidikan profetik di MI Nurussalam Ngawi, dan untuk mengetahui apasajakah kendala guru MI Nurussalam Ngawi dalam menerapkan pendidikan profetik untuk menjadi qudwah hasanah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian lapangan (field research) sebagai metodenya, dan observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah teknis analisis data yang digunakan. Melalui wawancara, hasil yang didapatkan oleh peneliti dengan beberapa guru adalah bahwa guru MI Nurussalam Ngawi telah menerapkan Qudwah Hasanah dengan menerapkan karakteristik profetik seperti yang Rasulullah SAW ajarkan seperti sidq, amanah, tabligh, fathanah. Sedangkan kendala yang ditemui oleh para guru dalam menerapkan Qudwah Hasanah tersebut adalah pemantapan pelajaran aqidah akhlak yang kurang mendalam pada tingkatan dasar, pemberian contoh yang tidak hanya cukup sekali atau dua kali, dan Qudwah Hasanah yang belum didapatkan oleh peserta didik di luar jam sekolah


Keywords


Qudwah Hasanah; Guru; Pendidikan Profetik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dimas Indianto s, Sunhaji, Intan Nur Azizah, & Ahmad Roja Badrus Zaman. (2021). Prophetic Education at Pesantren As A Efforts To Prevent Religious Radicalism. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(5), 515–527. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i5.135

Firmansyah, Iman, M. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254

Indrawari, K., Apriadi, M., Nurjannah, N., & Diah, D. (2021). Penerapan Nilai Pendidikan Islam dalam Keluarga Melalui Prophetic Parenting dalam Pembentukan Akhlak Anak Usia Emas di Desa Bukit Barisan. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 181. https://doi.org/10.29240/belajea.v6i2.3417

Kamisah, H. (2019). Mendidik Anak Ala Rasulullah (Prophetic Parenting). Journal of Education Science (JES), 5, 34.

Khoirul Azhar dan Izzah Sa’ida. (2017). STUDI ANALISIS UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI NILAI MORAL PESERTA DIDIK DI MI KABUPATEN DEMAK. Jurnal Al-Ta’dib, 10.

Lutfi, M. (2017). Urgensi Pendidikan Profetik bagi Pendidik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 261–278. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1934

Rozi, M. A. F. (2018). Implementation of Prophetic Education in Islamic Boarding School (Pesantren. Jurnal Edukasi, 06, 155–157.

Ruane, J. M. (2021). Penelitian Lapangan; Saksikan dan Pelajari (Seri Dasar-Dasar Metode Penelitian). NUSAMEDIA.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, CV.

Zuhairini. (2015). Filsafat Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara.

Zulkapadri, S. (2014). Pendidikan Karakter dan Pendidikan Akhlak (Studi Perbandingan). Jurnal Kependidikan Islam At-Ta’dib, 9, 109.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).